Oleh: Mujiati
Guru Kelas SD Negeri Kebonsari 2, Kecamatan Dempet Kabupaten Demak
MENURUT Suhendra (2015:5) Keterampilan menulis adalah keterampilan seseorang untuk menuangkan ide dalam sebuah tulisan. Hal ini selalu dianggap sulit karena orang-orang menganggap ide lebih mudah dituangkan dalam bentuk bahasa lisan. Menurut KBBI, huruf kapital atau huruf besar adalah huruf yang berukuran dan berbentuk khusus (lebih besar daripada huruf biasa), biasanya digunakan sebagai huruf pertama dari kata pertama dalam kalimat, huruf pertama nama diri dan sebagainya, seperti A, B, C, D, E. Penggunaan huruf kapital harus sesuai dengan pedoman umum ejaan bahasa Indonesia yang disempurnakan.
Kondisi yang terjadi di Kelas 2 SD Negeri Kebonsari 2 Kec. Dempet Kab. Demak keterampilan menulis huruf kapital masih rendah. Banyak peserta didik masih bingung dalam menerapkannya. Maka diperlukan inovasi pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan peserta didik, salah satunya dengan memanfaatkan media game edukasi kahoot.
Kahoot adalah permainan berbasis platform pembelajaran gratis, sebagai teknologi pendidikan. Kahoot adalah sebuah website di internet yang dapat menghadirkan suasana kuis yang meriah dan heboh ke dalam kelas. Dengan bermain Kahoot ini pembelajaran menjadi sangat menyenangkan dan membuat para peserta didik tidak bosan mengikuti pembelajaran yang sangat sulit dimengerti. Namun bermian Kahoot ini sangat memerlukan koneksi internet itulah syarat utamanya. Karena kuis atau pertanyaan yang tersedia dan dibuat menggunakan kahoot hanya bisa dimainkan secara online.
Ada dua langkah yang harus kita lakukan dalam bermain kuis dalam permainan Kahoot. Langkah pertama adalah membuat kuis kahoot, dan langkah kedua adalah memainkan kuis kahoot. Untuk membuat kuis dalam kahoot, anda dapat masuk ke https://create.kahoot.it/. Jika masih belum memiliki akun, lakukan registrasi terlebih dahulu. Kamu dapat menggunakan akun email gmail untuk melakukan registrasi. Berikutnya anda dapat mulai membuat kuis.Dalam proses pembuatan kuis, anda dapat menambahkan soal, altenatif jawaban, menentukan jawaban yang benar, dan pengaturan lain yang diperlukan. Setiap kuis yang dibuat secara otomatis tersimpan pada akun kahoot, jadi kamu dapat melihat kuis yang telah dibuat sebelumnya. Setelah kuis selesai dibuat, kamu dapat memainkan kuis di dalam kelas. Kuis yang akan dimainkan di dalam kelas diidentifikasi dengan sebuah PIN. Sebelum peserta didik mulai menampilkan kuis, anda harus mempublikasikan PIN terlebih dahulu, selanjutnya peserta didik dapat memainkan kuis baik secara individual maupun berkelompok melalui situs https://kahoot.it/ dan memasukkan PIN yang telah diberikan.Selama kuis berjalan, anda memegang kontrol penuh terhadap kuis. Kamu dapat mengatur kapan soal akan ditampilkan. Pada akhir kuis, kahoot menampilkan hasil dari kuis, dan kamu dapat melihat skor perolehan yang dikumpulkan oleh peserta didik atau kelompoknya.
Kegiatan pembelajaran dimulai dari guru menjelaskan langkah-langkah pembelajaran. Kemudian guru menjelaskan singkat materi. Guru bertanya jawab dengan peserta didik terkait materi. Peserta didik mulai percaya diri dan antusias ketika pembelajaran berlangsung. Selain itu penggunan media game edukasi kahoot memudahkan peserta didik dalam mengerjakan soal evaluasi ataupun latihan yang diberikan oleh guru. Peserta didik menjadi lebih tertarik dan bersemangat mengerjakan tugas-tugas yang diberikan.
Penggunaan kahoot sebagai salah satu media pembelajaran memang masih sangat jarang di gunakan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah terutama di indonesia, namun tidak menutup kemungkinan dengan perkembangan teknologi yang terus mengalami perubahan yang signifikan. Penggunaan kahoot sebagai salah satu media pembelajaran akan menjadi pilihan utama guru dalam mengajar, dengan menggunakan kahoot guru dapat menciptakan suasana belajar mengajar yang aktif dan menyenangkan.
Kekurangan Kahoot sebagai media pembelajaran yaitu : Tidak semua guru yang update dengan teknologi. Fasilitas sekolah yang kurang memadai. Anak-anak gampang terkecoh untuk membuka hal lain. Terbatasnya jam pertemuan di kelas. Tidak semua guru memiliki waktu untuk mengatur menyusun rancangan pembelajaran dengan kahoot. Sedangkan kelebihanya adalah suasana kelas dapat lebih menyenangkan, anak-anak dilatih untuk menggunakan teknologi sebagai media untuk belajar, anak-anak di latih kemampuan motoriknya dalam pengoperasikan kahoot.
Setelah dilakukan inovasi pembelajaran melalui penggunaan media game edukasi kahoot di Kelas 2 SD Negeri Kebonsari 2 Kec. Dempet Kab. Demak, didapatkan kondisi bahwa keterampilan peserta didik dalam menulis huruf kapital meningkat secara signifikan. (*)