Belajar IPA Asyik dengan Gas Wordwall

Oleh: Subandi
Guru Kelas SD Negeri Dempet 2, Kecamatan Dempet Kabupaten Demak

ILMU Pengetahuan Alam (IPA) adalah ilmu yang mempelajari fenomena alam. Menurut (Sujana, 2013: 15), ilmu pengetahuan adalah ilmu yang mempelajari alam semesta dan peristiwa-peristiwa yang terjadi di dalamnya, yang dikembangkan oleh para ahli berdasarkan proses ilmiah. Menurut Faricha (2022: 1909), proses pembelajaran IPA di sekolah dasar melibatkan partisipasi aktif siswa dan praktik keterampilan dalam proses penguasaan pembelajaran IPA, sehingga siswa dapat menemukan konsep, teori, dan teori ilmiah, diberikan kesempatan untuk melakukannya. Proses pembelajaran IPA yang bermakna diharapkan dapat mewujudkan pendidikan yang lebih berkualitas. Dalam hal ini kualitas yang diinginkan misalnya peningkatan efektivitas belajar, minat, motivasi dan perolehan keterampilan belajar ilmiah. Untuk memenuhi kebutuhan ilmu pengetahuan dalam pembelajaran di era digital yang kita hadapi saat ini akan membawa penyesuaian baru dalam kehidupan. Penyesuaian tersebut diharapkan dapat membuat dunia pendidikan dapat mengikuti dan mengimbangi pesatnya perkembangan teknologi informasi.

Selamat Idulfitri 2024

Salah satu kegiatan pendidikan yang menyentuh pada teknologi adalah Learning. Dalam hal ini pembelajaran yang dimaksud pada adalah pembelajaran IPA. Pembelajaran IPA yang berlangsung menuntut siswa untuk terlibat dengan teknologi. Teknologi yang digunakan dalam pembelajaran IPA menjadikan pembelajaran lebih berkesan dan bermakna.

Media pembelajaran diperlukan untuk menunjang kebutuhan pembelajaran IPA yang imersif dan bermakna di era digital. Yakni media yang dapat menumbuhkan minat dan motivasi belajar siswa sendiri. Ahmad Zaki (2020: 812) menyatakan bahwa media dapat meningkatkan minat belajar siswa sehingga lebih memahami pembelajaran yang disampaikan oleh guru. Media pembelajaran yang baik hendaknya mampu meningkatkan semangat belajar siswa sehingga dapat berpartisipasi aktif dalam pembelajaran.

Namun faktanya, jarang sekali guru menggunakan media interaktif dengan siswa yang lebih muda, terutama materi tentang perubahan wujud benda. Siswa tidak mampu berperan aktif dalam pembelajarannya. Jika pembelajaran berlangsung pada menit pertama, maka siswa terlihat bermanfaat. Guru sering menegur siswanya karena saat berikutnya mereka seperti kehilangan konsentrasi dan asyik dalam dunianya sendiri. Siswa tidak bertanya tentang materi yang belum ia pahami dan selalu menyatakan memahami apa yang dijelaskan, namun ketika ditanya siswa tersebut kebingungan dan kesulitan menjawabnya.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, guru mengembangkan media pembelajaran yang mudah diakses oleh siswa dan lebih efektif. Diharapkan dengan adanya media pembelajaran yang dibuat dapat memudahkan dan meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi perubahan benda. Media ini dinamakan Gas Wordwall.

Gas Wordwall merupakan singkatan dari Game Seru Wordwall. Menurut (Rosdiani, 2021: 248), Wordwall adalah website pembelajaran dimana guru dapat menggunakan template pembelajaran yang disediakan dalam model permainan. Penggunaan media diyakini dapat memudahkan penyampaian materi pembelajaran, khususnya pada pembelajaran IPA yang mengutamakan proses pembelajaran. Media pembelajaran permainan Wordwall memberikan pengalaman belajar yang menarik kepada siswa. Wordwall menawarkan template gratis yang menarik dan template yang lebih kaya lagi untuk pengguna berbayar. Template gratis Wordwall juga menawarkan variasi yang cukup untuk dipadupadankan tergantung pada minat guru. Wordwall Media juga tidak memerlukan akses aplikasi tambahan. Guru hanya perlu memberi siswa tautan untuk terhubung ke browser. Siswa dapat dengan mudah mengakses tautan tersebut. Oleh karena itu, peneliti menggunakan templat dinding kata untuk membuat permainan menarik yang dapat memberikan informasi tidak langsung terkait perubahan bentuk benda.

Game Seru Wordwall dirancang untuk membantu siswa tetap fokus dan aktif memperhatikan konten dalam permainan. Pengalaman ini diharapkan dapat membantu siswa mengingat konten yang disajikan dan mendorong hasil belajar yang positif.

Menurut (Sri Widoretno, 2021: 288), permainan merupakan sarana yang dapat menyampaikan tujuan pendidikan dan hiburan. Wordwall adalah aplikasi web kuis interaktif yang memungkinkan Anda memilih dari beberapa templat, termasuk: Sebanyak 18 template menarik akan disajikan kepada siswa, antara lain kuis, berpasangan, menjodohkan, anagram, pengelompokan, dan kata acak.

Keunggulan Game Seru Wordwall antara lain : (1) Tampilan sederhana yang mudah dipahami siswa dan guru. (2) Terdapat banyak template yang dapat Anda gunakan dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda, (3) siswa dapat mengakses link tanpa menggunakan email, dan (4) siswa dapat langsung melihat hasilnya setelah menyelesaikan permainan. 5) Beberapa template juga menyediakan tema untuk tampilan yang lebih menarik.

Sedangkan kelemahannya sebagai berikut: (1) memerlukan fitur layanan berbayar untuk mengakses templat tambahan; (2) hanya dapat diakses melalui Internet; (3) tidak memiliki template fitur penggabungan untuk mendapatkan tampilan yang lebih menarik.

Dengan digunakannya Gas Wordwall (game seru Wordwall), siswa kelas 3 SD Negeri Dempet 2 Kecamatan Dempet Kabupaten Demak lebih enjoy selama pembelajaran, dan berdampak pada peningkatan hasil belajarnya dan siswa lebih akrab dengan media berbasis teknologi.(*)