Penerimaan Mahasiswa Baru PTKIN 2023 Akan Dibuka, Catat Jadwalnya

Ketua Panitia Nasional penerimaan mahasiswa baru PTKIN, Prof. Dr. Imam Taufiq, M.Ag (HUMAS/JOGLO JATENG)

SURABAYA, Joglo Jateng – Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) secara resmi membuka penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2023. Proses seleksi akan berlangsung pada dua jenis seleksi; Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN-PTKIN) dan Ujian Masuk (UM-PTKIN).

SPAN-PTKIN adalah seleksi nasional calon mahasiswa baru PTKIN berdasarkan prestasi akademik. Peserta SPAN PTKIN adalah siswa sekolah/madrasah/pontren yang akan lulus pada tahun 2023. Tahapan SPAN diawali dengan pendaftaran sekolah/madrasah/pondok pesantren pada tanggal 17 Januari – 13 Februari 2023, dan dilanjutkan dengan pendaftaran siswa pada tanggal 16 Februari – 4 Maret 2023. Adapun hasil seleksi akan diumumkan pada 3 April 2023. Seluruh proses pendaftaran dan pengumuman dilakukan secara online melalui laman https://span.ptkin.ac.id dan tidak dikenakan biaya.

Selamat Idulfitri 2024

Sedangkan UM-PTKIN adalah seleksi calon mahasiswa baru PTKIN melalui tes yang dilaksanakan di PTKIN yang dipilih. Peserta UMPTKIN adalah siswa lulusan tahun 2021, 2022, dan 2023, dan untuk pendaftaran UMPTKIN dikenakan biaya.

Baca juga:  Bank Jateng Raih Dua Platinum di Ajang ICCA 2024

Ketua Panitia Nasional penerimaan mahasiswa baru, Prof. Dr. Imam Taufiq, M.Ag menyampaikan bahwa pada tahun 2023 ini terdapat 59 PTKIN yang terdiri dari 30 Universitas, 24 IAIN, dan 5 STAIN. Dan berbeda dengan tahun 2022 dimana UMPTKIN dilaksanakan secara online, pada tahun 2023 tes UMPTKIN akan dilaksanakan di PTKIN yang dipilih oleh peserta.

“Kami berharap bisa mendapatkan mahasiswa baru terbaik yang dapat memajukan PTKIN, oleh karena itu penyelenggaraan SPAN dan UMPTKIN juga terbuka untuk peserta disabilitas. Siswa dengan kebutuhan khusus dapat mengikuti SPAN dan UMPTKIN karena kami menyediakan mode tes yang ramah dan memungkinkan bagi siswa difabel” ujar Imam yang juga Rektor UIN Walisongo Semarang ini.

Baca juga:  Bank Jateng Borong Penghargaan di TOP BUMD Awards 2024, Pj. Gubernur Jawa Tengah Jadi TOP Pembina BUMD 2024

Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa secara resmi peluncuran dua jenis seleksi ini akan dibuka secara resmi oleh Menteri Agama Republik Indonesia, H. Yaqut Cholil Qoumas.

“Secara resmi, besok pada tanggal 20 Januari 2023 seleksi PMB di PTKIN akan dibuka oleh Bapak Menteri Agama” tambahnya.

Adapun peluncuran seleksi penerimaan mahasiswa baru di PTKIN akan disiarkan secara langsung melalui akun resmi Youtube PMB SPAN UM PTKIN mulai pukul 19.00 WIB. Bagi Sekolah dan Siswa yang ingin melihat ketentuan teknis pendaftaran dapat mengunjungi laman resmi panitia pada website https://ptkin.ac.id. (hms/rds)