Rajut Kebersamaan, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Lakukan Pemasangan Plang Program PKK dan Penanaman Toga

FOTO BERSAMA: Para warga RT 04 RW 08 Kelurahan Banyumanik bersama mahasiswa KKN MIT ke-15 UIN Walisongo usai melakukan kegiatan penanaman toga dan pemasangan papan 10 program pokok PKK, Minggu (22/1). (DOK. PRIBADI/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Mahasiswa KKN MIT ke-15 UIN Walisongo melakukan kegiatan kerja bakti, menanam tanaman obat keluarga (toga) dan pemasangan papan 10 program pokok PKK, bertempat di Taman RT 04 RW 08 Kelurahan Banyumanik, Semarang, Minggu (22/1).

Kegiatan penanaman toga dilakukan dengan tujuan merajut kebersamaan warga, di hadiri oleh angota kelompok KKN UIN Walisongo dan masyarakat setempat.

Selamat Idulfitri 2024

Koordinator kelompok 1 KKN UIN Walisongo, Muhammad Alwi Aziz Ali mengatakan, selain penanaman toga, agenda ini sekaligus dilakukan untuk membersihkan lingkungan.

“Diharapkan kegiatan (penanaman toga, Red.) ini nantinya bisa dimanfaatkan untuk obat-obatan,” ucapnya.

Baca juga:  Disnakertrans Jateng Tegaskan THR Kurir dan Driver Ojol Sifatnya Imbauan

Dalam agenda ini juga dilakukan panen tanaman toga yang sebelumya juga sudah ditanam oleh masyarakat. Di antaranya jahe, temulawak, serai, dll.

Ibu Kundori selaku ibu RT 04 mengatakan, tanaman yang sudah siap panen tersebut, hasilnya diberikan ke warga agar bisa diolah.

“Setelah dipanen, dilakukan penanaman ulang untuk nanti nya supaya di panen lagi,” kata dia.

Penanaman toga cukup penting untuk dilakukan, agar lahan yang ada bisa lebih produktif dan hasilnya bermanfaat untuk warga. Hal ini turut dilaksanakan oleh mahasiswa KKN UIN Walisongo. (*/mg4)