Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang Ikuti Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

BERSEMANGAT: Para warga dan mahasiswa saat mengikuti acara Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, Masak Bersama Menu Gizi Seimbang Kota Semarang, bertempat di Balai Desa Kelurahan Banyumanik (23/1). (DOK. PRIBADI/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Mahasiswa KKN MIT ke-15 posko 1 UIN Walisongo Semarang mengikuti acara Gerakan Masyarakat Hidup Sehat: Masak Bersama Menu Gizi Seimbang Kota Semarang, bertempat di Balai Desa Kelurahan Banyumanik (23/1/).

Gerakan masyarakat hidup sehat dilaksanakan para warga dari berbagai kelurahan di Kota Semarang. Dari warga Banyumanik sendiri diikuti oleh ibu-ibu PKK, kader posyandu, warga kelurahan, dan mahasiswa KKN UIN Walisongo serta Universitas Semarang.

Yuyun, selaku petugas dari puskesmas Srondol mengatakan, gerakan masyarakat hidup sehat dengan masak bersama ini difokuskan pada ibu hamil dan pencegahan stunting pada anak.

Baca juga:  PDI Perjuangan Raih Kursi Terbanyak di DPRD Jateng

“Kegiatannya juga bersamaan dengan Lawang Sewu atau (kepanjangannya, Red.) Layanan Warga Semarang Sehat Setiap Waktu. Jadi rangkaian kegiatannya dari senam di lanjutkan demo masak. Demo masak yang di demokan menu ibu hamil dan balita untuk mencegah stunting,” terang Yuyun.

Kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat agar mampu meningkatkan kesehatan secara mandiri, tidak tergantung pada puskesmas.

Poerwa Kasmanto Adi selaku Lurah Banyumanik menyampaikan, acara ini merupagakan bagian dari program Pemerintah Kota Semarang, bekerja sama dengan Dinas Kesehatan.

“Ini merupakan prakarsa dari Pemerintah Kota Semarang yaitu Bu Wali Kota, Bu Ita. Peserta kegiatan ini ibu-ibu PKK, kader posyandu, mahasiswa KKN, dan warga sekitar,” terangnya.

Baca juga:  Upgris Sukses Gelar Petanque Championship Series II

Gerakan masyarakat hidup sehat menjadi salah satu program penting, untuk ketahanan masyarakat. Oleh karena itu, sebagai mahasiswa yang memiliki tugas mengabdi pada masyarakat, tim KKN UIN Walisongo turut membantu menyukseskannya. (*/mg4)