Tingkatkan Pelayanan Berbasis Digital, Bank Jateng dan Pemkab Kendal Launching Host To Host SP2D Online

Penandatangan kerjasama Host to Host antara Bupati Kendal, Dico M Ganinduto dan Direktur Bisnis Kelembagaan, Treasuri dan Unit Usaha Syariah Bank Jateng, Ony Suharsono, di Pendopo Tumenggung Bahurekso Kendal, Senin (30/1/2023). (HUMAS/JOGLO JATENG)

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto dalam sambutannya berharap, dengan telah ditanda tanganinya MoU layanan SP2D online antara Pemkab Kendal dengan Bank Jateng, merupakan langkah awal dari rencana SP2D online, untuk mengurangi hambatan dalam eksekusi SP2D.

Harapan lain yang disampaikan, dengan adanya SP2D online, sinergitas dengan Pemda terus dilakukan teknis mekanismenya di lapangan, dan untuk mempercepat proses tinggal menghubungkan host to host antara Bakeuda dengan Bank Jateng.

Selamat Idulfitri 2024

“Penyelenggaraan SP2D online yang akan diimplementasikan ini merupakan aktualisasi dari komitmen Pemerintah Kabupaten Kendal dalam meningkatkan pelayanan di bidang pengelolaan keuangan daerah. Karena salah satu fungsi dari pemerintah daerah adalah public service, baik internal ataupun ekternal” ujarnya.

Sehingga, lanjut Bupati, host to host menginisiasi terobosan pelayanan untuk meningkatkan efektivitas proses pencairan dana bisa lebih cepat dan tidak ada perbedaan data akibat salah entry SP2D secara manual.

Ditegaskan, dirinya sangat berkomitmen menjadikan kabupaten Kendal Smart City yang mampu memanfaatkan teknologi informasi (IT) dalam berbagai lini pelayanan publik.

Sehingga, lanjut Dico, nantinya tidak hanya sektor pengeluaran saja, pendapatan daerah juga harus memiliki aplikasi berbasis IT, termasuk sistem informasi kepegawaian, info pasar, parkir, dan lainnya.

“Semua layanan di Pemerintah Kabupaten Kendal harus berbasis digital. Sehingga akan lebih efektif dan efisien. Selain itu, SP2D online ini merupakan inovasi terpercaya, karena merupakan warning system dalam rangka mencegah tindak pidana korupsi,” tandas Bupati. (hms/rds)