Gelar Seminar dan Pendampingan Sertifikasi Produk Halal, KKN UIN Walisongo Disambut Antusias Pelaku UMKM

BANTU MASYARAKAT: Salah seorang mahasiswi KKN MIT UIN Walisongo ke-15 tengah membantu warga peserta seminar dan pendampingan sertifikasi produk halal, beberapa waktu lalu. (ISTIMEWA/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Mahasiswa KKN MIT UIN Walisongo ke-15 posko 6 menggelar seminar dan pendampingan sertifikasi produk halal untuk mendukung para pelaku UMKM, di Balai RW 5 Kelurahan Pedalangan, Kota Semarang (20/01).

Kegiatan ini merupakan hasil kalaborasi Mahasiswa KKN MIT UIN Walisongo dengan Walisongo Halal Center (WHC), sebagai upaya mendukun program pemerintah pada tahun 2024. Yaitu seluruh produk dari para pelaku UMKM memiliki sertifikasi halal.

Selamat Idulfitri 2024

“Kami berkalaborasi dengan Walisongo Halal Center (WHC) untuk mendukung program Pemerintah yaitu 2024 UMKM tersertifikasi halal semua,” ungkap Ikhsan, Mahasiswa KKN UIN Walisongo saat acara Pendampingan Pelaku UMKM.

Baca juga:  MTsN 6 Sleman Gelar Sanlat Ajak Siswa Tingkatkan Ilmu Keagamaan

Kegiatan ini disambut antusias oleh 12 pelaku UMKM se-Kecamatan Banyumanik. Tidak teraturnya proses pengisian formulir menjadi salah satu kendala yang dihadapi oleh pelaku UMKM yang ingin mengajukan sertifikasi halal.

Utami, salah satu peserta seminar mengungkapkan, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para pelaku UMKM yang ingin melakukan sertifikasi halal.

“Kegiatan ini sangat membantu, apalagi untuk pemula yang ingin mendapatkan sertifikasi halal,” ucapnya saat ditemui di sela acara.

Elly, Mahasiswa KKN Walisongo yang juga merupakan panitia penyelenggara acara ini juga menambahkan bahwa pendampingan yang diberikan adalah berupa input data diri, produk, serta foto produk yang ingin di daftarkan sertifikasi halal. Meski beberapa masih terkendala logo dan kemasan.

Baca juga:  SD Muhammadiyah Kalangan Gelar Tasmi' untuk Tingkatkan Literasi Baca Alquran Siswa

“Kami mendampingi dari input data diri, produk hingga foto produk,” ujarnya.

Pendampingan sertifikasi produk halal menjadi salah satu program yang dilaksanakan oleh tim KKN MIT UIN Walisongo. Bertujuan untuk membantu para pelaku UMKM. (*/mg4)