Kendal  

Mahasiswa KKN UIN Walisongo Beri Edukasi Kesehatan Gigi pada Siswa SDN Magersari

BERI PENJELASAN: Mahasiswa KKN UIN Walisongo memberikan materi kesehatan gigi dan mulut kepada siswa SDN Magersari, Kecamatan Patebon, Kabupaten Kendal, Selasa, (7/2). (DOK. PRIBADI/JOGLO JATENG)

KENDAL, Joglo Jateng – Mahasiswa KKN Mandiri Inisiatif Terprogram (MIT) ke-15 UIN Walisongo posko 21 mengadakan kegiatan edukasi gosok gigi kepada siswa kelas satu sampai tiga di SDN Magersari Kecamatan Patebon, Kabupaten Kendal, pada Selasa (7/2).

Kegiatan tersebut disasarkan pada anak sekolah dasar sebagai bahan edukasi untuk meningkatkan derajat kesehatan gigi pada anak.

Selamat Idulfitri 2024

Devisi pendidikan dan Keagamaan, Bagas Aulia Rahman mengatakan bahwa seminggu sebelumnya anak-anak diminta membawa pasta gigi, sikat, dan cangkir dari rumah untuk acara tersebut.

“Kami melakukan perizinan dan koordinasi kepada kepala sekolah SDN Magersari seminggu sebelumnya agar kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik,” jelas Bagas.

Baca juga:  LPS Bagikan Paket Sembako untuk Warga Terdampak Banjir

Kepala Sekolah SDN Magersari, Tri Budiyanto menyambut dan mendukung program tim KKN UIN Walisongo untuk melakukan penyuluhan gosok gigi kepada siswa.

Ia mengungkapkan, kehadiran mahasiswa KKN UIN Walisongo dalam pelatihan gosok gigi sangat bermanfaat bagi anak.

“Saya sangat berterimakasih kepada tim KKN yang melaksanakan program edukasi kesehatan gigi kepada siswa. Tentunya kegiatan seperti ini sangat bermanfaat bagi siswa,” tutur Tri Budiyanto.

Penyuluhan kesehatan gigi dan mulut disampaikan oleh mahasiswa KKN UIN Walisongo ini didampingi oleh guru.

Pada penyuluhan tersebut, salah satu mahasiswa KKN UIN Walisongo, Devi Cahyaningrum menjelaskan pengetahuan dasar terkait gigi dan fungsinya, periode pertumbuhan gigi pada anak, serta cara mencegah agar gigi tidak berlubang.

Baca juga:  Kantor Kas Kaliwungu Resmi Berubah Jadi Bank Jateng Kantor Cabang Pembantu

“Gigi adalah salah satu bagian tubuh yang wajib kita rawat. Fungsi gigi bukan hanya untuk mengunyah dan mencerna makanan. Tapi gigi juga berperan penting dalam proses berbicara, kita harus manggosok gigi minimal 2 kali sehari ketika pagi setelah makan dan malam sebelum tidur supaya gigi dan mulut kita sehat, bersih, dan nafas lebih segar,” terangnya.

Pada kesempatan itu, mahasiswa KKN UIN Walisongo juga membuka sesi tanya jawab dan dilanjutkan dengan demonstrasi dengan alat peraga sederhana untuk memberi contoh cara menyikat gigi dengan benar.

Baca juga:  LPS Bagikan Paket Sembako untuk Warga Terdampak Banjir

Kegiatan diakhiri dengan pemberian hadiah berupa sikat dan pasta gigi kepada siswa yang aktif dalam kegiatan ini. (*/mg4)