Mahasiswa KKN Undip Kenalkan Teknologi pada Siswa SMP, Beri Pelatihan Arduino

FOTO BERSAMA: Mahasiswa KKN UNDIP bersama siswa SMPN 3 Karangdowo yang hadir dalam kegiatan demonstrasi teknologi mikrokontroler Arduino, di Desa Kupang, Kecamatan Karangdowo, Kabupaten Klaten, Senin (30/1). (DOK. PRIBADI/JOGLO JATENG)

KLATEN, Joglo Jateng – Perkembangan pesat teknologi membuat masyarakat harus beradaptasi. Maka, diperlukan adanya pengenalan teknologi baru agar masyarakat mengerti kegunaan dan dapat memanfaatkan teknologi tersebut.

Pengenalan cocok diberikan kepada siswa yang duduk di bangku SMP dan SMA, dikarenakan mudahnya mereka menyerap ilmu baru dan tingginya kreativitas untuk memanfaatkan teknologi tersebut.

Terkait hal ini, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro (Undip) Tim 1 Tahun 2023 membuat program kerja yang bisa mengenalkan dan memberikan demonstrasi akan teknologi mikrokontroler bernama Arduino.

Farhan Athaulah (21), Mahasiswa KKN UNDIP Tim 1 Tahun 2023 dari Program Studi Teknik Komputer yang diterjukan di Desa Kupang, Kecamatan Karangdowo, Kabupaten Klaten melihat adanya potensi tinggi terhadap ketertarikan akan teknologi baru di SMPN 3 Karangdowo.

Baca juga:  Pekan Imunisasi Nasional Polio di Yogyakarta Sasar 30.702 Anak Usia 0-7 Tahun

Berkaitan pula dengan adanya pelajaran TIK untuk siswa kelas 7, juga baru didirikan ekstrakulikuler komputer di sekolah tersebut, maka pengenalan teknologi Arduino dan demonstrasi secara langsung ini dinilai tepat.

PROSES: Siswa ikut serta dalam demonstrasi pembuatan rangkaian pemrograman blok.

Program Kerja yang dilaksanakan pada tanggal 30 Januari 2023 ini menargetkan Siswa SPMN 3 Karangdowo yang mengikuti ekstrakulikuler komputer dan siswa yang mengikuti lomba Krenova dengan tema Informatika dan Teknologi.

Bertempat di Lab Komputer SMPN 3 Karangdowo, pengenalan dan pelatihan ini dilakukan dengan cara penjelasan secara lisan materi yang telah disiapkan.

Kemudian dibagikan juga modul pengenalan Arduino, yang nantinya juga akan dihibahkan ke Lab Komputer SMPN 3 Karangdowo.

Baca juga:  Raih Prestasi di Dua Bidang Berbeda

“Di dalam modul tersebut dimuat pengertian dasar dari mikrokontroler Arduino, berbagai jenis Arduino yang tersedia dan kegunaan dari masing-masing jenisnya. Penjelasan mengenai aplikasi simulator Arduino bernama Tinkercad beserta cara menggunakannya,” terang Farhan, Senin (30/1).

Ada tiga proyek yang dijelaskan dalam kesempatan ini, mengajarkan aspek yang berbeda dalam pemrograman Arduino.

“Dijelaskan pada siswa bagaimana cara membuat rangkaiannya, cara memprogram dengan pemrograman blok, dan penjelasan blok program yang digunakan,” imbuh Farhan.

Menurutnya, siswa sangat antusias saat dilakukan demonstrasi langsung. Banyak pertanyaan yang dilontarkan, dan banyak dari mereka yang ingin mencoba bermain dengan rangkaian yang sudah dibuat.

Baca juga:  Dukung Program Ketahanan Pangan Nasional, Bank Jateng Berpartisipasi Dalam Kegiatan Panen Jagung Bersama Rakyat di Kendal

Antusiasme juga ditunjukkan dari siswa peserta lomba Krenova, yang mana mereka tengah membutuhkan ide.

Setelah melihat pemaparan dan demonstrasi Arduino tersebut, mereka memutuskan untuk menjadikan Arduino sebagai dasar inovasi yang akan dibawakan pada lomba Krenova.

Dengan diadakannya program kerja pengenalan Arduino ini, mahasiswa berharap adanya peningkatan minat siswa akan teknologi Arduino, lebih melek teknologi, dan dapat mengaplikasikan ilmu yang sudah didapat untuk hal bermanfaat. (*/mg4)