Opini  

Pengaruh Game Terhadap Generasi Muda

Huda Abdul Majid
SMA N 1 Semarang

GENERASI sekarang adalah generasi yang terpapar dengan teknologi dan hiburan digital, termasuk game. Meskipun game dapat memberikan banyak kesenangan dan hiburan, pemakaian yang berlebihan juga dapat memiliki efek negatif pada kesehatan dan perkembangan anak-anak dan remaja. Berikut adalah beberapa bahaya game untuk generasi sekarang.

Pertama, ketergantungan. Anak-anak dan remaja mungkin menjadi terlalu terlibat dengan permainan dan memprioritaskan permainan mereka di atas kegiatan lain seperti sekolah, makan, tidur, dan interaksi sosial. Karena mengarah pada ketergantungan yang menyebabkan mereka kesulitan untuk mematikan layar dan berinteraksi dengan dunia nyata.

Baca juga:  Aktualisasi Nilai Pancasila pada Gen-Z di Era Globalisasi

Kedua, gangguan tidur. Menonton layar sebelum tidur atau memainkan game sepanjang malam dapat mengganggu kualitas tidur dan membuat anak-anak dan remaja merasa lelah dan tertekan sepanjang hari. Ini dapat mempengaruhi konsentrasi dan performa mereka di sekolah atau tempat kerja.

Ketiga, kematangan emosi dan sosial. Game dapat mempengaruhi perkembangan emosi dan sosial anak-anak dan remaja. Anak-anak mungkin tidak belajar bagaimana berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain secara efektif. Karena mereka terlalu banyak berinteraksi dengan karakter virtual.

Keempat, isolasi sosial. Terlalu banyak bermain game dapat membuat anak-anak dan remaja menjadi kurang terlibat dengan dunia nyata dan membatasi interaksi sosial mereka dengan teman sebaya. Ini dapat mempengaruhi perkembangan sosial dan emosi mereka.

Baca juga:  Cinta Tanah Air: Bukan hanya Sebuah Perasaan, tetapi juga Tindakan

Kelima, konten yang tidak sesuai. Beberapa game dapat berisi konten yang tidak sesuai. Seperti kekerasan, pelecehan seksual, dan bahasa kasar, yang mungkin mempengaruhi perkembangan moral dan sikap anak-anak dan remaja terhadap perilaku yang tidak baik.

Itulah sebabnya penting untuk memantau dan membatasi waktu anak-anak dan remaja saat bermain game. Orang tua dan guru harus membantu anak-anak dan remaja memahami bahaya yang mungkin timbul dari pemakaian game dan membantu mereka membuat pilihan yang sehat dan bermanfaat. Jika game dimainkan dengan bijak, maka efek negatif dari bermain game dapat di kurangi. (*)