Ekspo KKN UPGRIS Pamerkan Produk Unggulan hingga Potensi Wisata

APRESIASI: Rektor UPGRIS Dr Sri Suciati MHum bersama para penari yang tampil dalam acara ekspo KKN di Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang, Minggu (12/2). (ANTARA/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) di Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang, Minggu (12/2) menggelar ekspo. Bertempat di halaman kantor kecamatan setempat. Kegiatan dihadiri oleh seluruh mahasiswa dan warga sekitar. Beberapa kesenian ditampilkan oleh para mahsiswa yang bekerjasama dengan masyarakat.

Rektor UPGRIS Dr Sri Suciati MHum menjelaskan, kegiatan pengabdian masyarakat yang dikemas dalam program KKN ini dimaksudkan untuk membekali mahasiswa. Dengan kompetensi sosial dan karakter pribadi unggul.

Selamat Idulfitri 2024

“Berbagai permasalahan masyarakat seperti stunting, pemberdayaan usaha kecil menjadi perhatian para mahasiswa. Selain itu beberapa potensi daerah juga telah diinventarisir dan dilaporkan ke dosen pembimbing untuk ditindaklanjuti,” tutur Sri Suciati.

Baca juga:  3 Destinasi Wisata di Jateng Jadi Jujukan Libur Lebaran

Dalam kegiatan ini ada pameran UMKM, pentas seni, lomba mewarnai, serta lomba stand terbaik. Hadir dalam rangkaian kegiatan, Camat Bergas Seno Wibowo SIP MM, Disporapar Jawa Tengah. Kemudian Rektor UPGRIS Dr Sri Suciati MHum, serta Kepala Pusat Pemberdayaan Masyarakat dan KKN Arisul Ulumuddin MPd.

Adapun desa yang mengikuti ekspo terdiri dari sembilan desa dan empat kelurahan di Bergas. Di antaranya Desa Wringinputih, Desa Gondoriyo, Desa Gebugan, Desa Pagersari, Desa Munding, Desa Bergas Kidul, Desa Randugunting, Desa Jatijajar, Desa Diwak. Kemudian Kelurahan Ngempon, Kelurahan Karangjati, Kelurahan Wujil, dan Kelurahan Bergas Lor.

Baca juga:  Unwahas Teken MoU dengan Ma’had Al-Bi’sah ad-Diniyyah Thailand

Seno Wibowo mengaku, pameran produk dan potensi warga ini mampu membangkitkan usaha ekonomi produktif warga. Ia pun mengucapkan terima kasih kepada tim KKN Upgris yang telah mengadakan acara ini.

“Terima kasih kepada para mahasiswa yang telah mengadakan ekspo ini dan mengangkat ekonomi masyarakat Kecamatan Bergas,” ucapnya.

Sebanyak 151 mahasiswa UPGRIS dari berbagai program studi melaksanakan KKN selama satu bulan sejak pertengahan Januari lalu. Mereka tersebar di sembilan desa dan empat kelurahan di Bergas. (hms/mg4)