Kendal  

Sambut Isra Mi’raj, KKN UIN Walisongo Adakan Festival Islami

ANTUSIAS: Siswa-siswi MDA NU 013 Miftahul Athfal dan TPQ NU 05 Nurul Husna saat mengikuti kegiatan Festival Islami di Desa Magersari, Minggu (12/02). (DOK. PRIBADI/JOGLO JATENG)

KENDAL, Joglo Jateng – Dalam rangka menyambut Isra Mi’raj, Mahasiswa KKN Mandiri Inisiatif Terprogram (MIT) ke-15 UIN Walisongo posko 21 mengadakan kegiatan Festival Islami di Desa Magersari, Kecamatan Patebon, Kabupaten Kendal pada Minggu (12/02).

Festival Islami untuk menyambut Isra Mi’raj ini diikuti oleh siswa-siswi MDA NU 013 Miftahul Athfal dan TPQ NU 05 Nurul Husna. Bertujuan untuk mengembangkan potensi dan kreativitas para siswa.

Selamat Idulfitri 2024

Koordinator Desa posko 21, Muhammad Ulil Albab menjelaskan bahwa Festival Islami merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Isra Mi’raj 1444 H.

“Festival Islami yang kami adakan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut Isra Mi’raj 1444 H,” jelas Ulil.

Baca juga:  Kantor Kas Kaliwungu Resmi Berubah Jadi Bank Jateng Kantor Cabang Pembantu

Kegiatan ini dimulai pukul 13.30, bertempat di gedung MDA NU 013 Miftahul Athfal Desa Magersari. Terdapat empat cabang lomba yang diselenggarakan yakni lomba adzan, lomba hafalan surat pendek, lomba mewarnai, dan lomba cerdas cermat islami.

Lomba ini diikuti sebanyak 135 peserta yang masing-masing boleh mendaftarkan lebih dari satu cabang lomba.

Acara diawali dengan pembukaan yang dilaksanakan di aula gedung desa setempat. Selanjutnya, para siswa mulai masuk ke ruang lomba yang telah disiapkan. Juri dari masing-masing lomba berasal dari mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang dan guru MDA NU 013 Miftahul Athfal.

Baca juga:  LPS Bagikan Paket Sembako untuk Warga Terdampak Banjir

Kepala TPQ NU 05 Nurul Husna, Wahib Ainurrafiq memberikan dukungan serta apresiasi kepada Tim KKN UIN Walisongo yang mengadakan kegiatan Festival Islami.

Ia mengatakan, kegiatan ini dapat menjadi gambaran dan pembelajaran untuk mengadakan kegiatan serupa di tahun-tahun berikutnya.

“Saya sangat berterimakasih kepada tim KKN UIN Walisongo karena sudah mengadakan Festival Islami yang diisi dengan berbagai perlombaan. Saya tidak menyangka ternyata seluruh siswa sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Kegiatan ini menjadi inspirasi bagi kami untuk membuat kegiatan serupa pada tahun-tahun berikutnya,” ungkapnya.

Baca juga:  LPS Bagikan Paket Sembako untuk Warga Terdampak Banjir

Koordinator Devisi Pendidikan dan Keagamaan, Isna Fitri Wulandari mengungkapkan, pengumuman pemenang dan pembagian hadiah dalam kegiatan ini akan dilaksanakan pada puncak acara peringatan Isra Mi’raj yang bertempat di Masjid Al-Muttaqin Desa Magersari Jum’at mendatang.

“Alhamdulillah kegiatan Festival Islami dapat berjalan dengan baik. Selanjutnya untuk pengumuman pemenang dan pembagian hadiah akan diserahkan pada puncak acara peringatan Isra Mi’raj yang insyaAllah bertempat di Masjid Al-Muttaqin Desa Magersari pada hari Jum’at besok,” tutur Isna. (*/mg4)