Kendal  

Dorong UMKM Manfaatkan Sosial Media, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Adakan Seminar Digital Marketing

PAPARAN: Penyampaian materi seminar digital marketing oleh Izdihar Hamdi di Desa Pidodokulon, Kecamatan Patebon, Kabupaten Kendal, belum lama ini. (DOK. PRIBADI/JOGLO JATENG)

KENDAL, Joglo Jateng – Mahasiswa KKN UIN Walisongo posko 27 menggelar seminar Digital Marketing dengan mengusung tema The Power of Social Media dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat di Era Digital.

Sasaran utama kegiatan tersebut adalah para pelaku UMKM di Desa Pidodokulon, Kecamatan Patebon, Kabupaten Kendal, yang tergabung dalam Kelompok Usaha Bersama (KUB) Jaya Srikandi.

Selamat Idulfitri 2024

Kepala Desa Pidodokulon, Didik Prastiawan menyampaikan, masyarakat di wilayahnya memiliki produk-produk unggulan seperti rangin dan bolu kering, yang dari segi rasa tidak kalah dengan makanan kekinian seperti pizza.

Namun yang membedakan adalah branding dan manajemen produknya.

“Harapannya dari seminar ini, dapat menambah wawasan kami, agar produk unggulan Desa Pidodokulon semakin dikenal,” ungkapnya, belum lama ini.

Seorang pengusaha muda yang menjadi pemateri seminar Izdihar Hamdi mengingatkan, saat ini era digitalisasi tidak dapat dihindari. Imbasnya dalam hal bisnis pun, pengusaha harus mengikuti perkembangan zaman.

“Zaman sekarang, hal yang paling dekat dengan kita adalah gadget. Dengan gadget, kita bisa menjual bahkan membeli apapun. Dan ini bisa menjadi peluang bagi kita untuk menarik lebih banyak konsumen. Dengan memanfaatkan sosial media, kita dapat memasarkan produk lebih luas lagi,” ujar dia.

Lebih lanjut, Hamdi menuturkan bahwa digital marketing dapat dilakukan melalui beberapa platform seperti Google My Bussines, WhatsApp for Business, media sosial seperti Instagram dan Facebook, serta copy writing untuk membuat deskripsi produk yang menarik.

Dalam seminar ini juga disisipkan sesi pelatihan mendesain pamflet melalui aplikasi Canva. Sebelumnya, peserta telah diberi arahan untuk mengunduh aplikasi Canva, membuat akun. Selanjutnya mereka mengikuti langkah-langkah pembuatan pamflet.

Selain itu, peserta juga diberikan tutorial mencantumkan alamat toko di google Maps.

Ketua KUB Jaya Srikandi, Siti Maghfuroh mengatakan, digitalisasi sangat penting untuk saat ini, karena semua hal bisa dilakukan melalui sosial media.

Hanya saja, para ibu kurang memiliki pemahaman terkait pemanfaatan sosial media.

“Tentunya dari seminar ini, sangat membuka mata kami akan pentingnya digital. Terlebih adanya sedikit pelatihan terkait membuat pamflet dan cara mencantumkan toko di Google Maps. Itu sangat membantu bagi kami.” ucap Siti.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh mahasiswa KKN UIN Walisongo ini mendapat respon antusias dari warga Desa Pidodokulon. Karena sebagian besar UMKM disana belum optimal dalam pemasarannya. (*/mg4)