Lingkungan Kaya Literasi Kelas Awal

Oleh: Tumiyati
Guru SD Negeri Tambakbulusan 2, Kec. Karangtengah, Kab. Demak

GERAKAN literasi penting dilakukan di abad ke-21 ini. Pentingnya pembiasaan membaca dapat membuka wawasan kita untuk mengenal dunia luar dan memahami segala sesuatu dengan pandangan yang luas. Selain itu, dengan kegiatan membaca, kita dapat menambah kosa kata yang dapat membantu untuk kegiatan menulis. Baik itu menulis puisi, cerpen, esai, dan lain sebagainya. Secara sempit, literasi didefinisikan sebagai kegiatan membaca saja. Namun sebenarnya kegiatan literasi lebih dari itu. Literasi didefinisikan sebagai kemampuan manusia untuk berbahasa baik melalui tulisan atau melalui simbol-simbol.

Baca juga:  Guru Bangun Kepercayaan Diri pada Siswa Korban Bullying

Kegiatan berliterasi terus saja digalakkan oleh pemerintah. Bahkan pada kegiatan pendidikan anak usia dini. Kegiatan literasi di pendidikan dasar difokuskan pada kemampuan untuk membaca dan menulis. Khususnya membaca dan menulis permulaan. Kegiatan literasi membaca dan menulis permulaan digunakan untuk membekali siswa agar dapat memahami bacaan dan materi pelajaran. Fokus materi pada kelas awal ialah membaca, menulis, dan berhitung yang menjadi dasar untuk mempelajari pelajaran lain.

Lingkungan kaya literasi ialah lingkungan yang kaya akan bacaan siswa serta gambar-gambar yang dapat menunjang proses kegiatan berliterasi. Di kelas awal, guna mewujudkan kaya literasi dapat dilakukan dengan cara mendesain kelas dengan tema yang kaya akan gambar atau tulisan yang dapat membuat siswa menjadi tertarik untuk membaca. Gambar-gambar yang dapat digunakan untuk memperkaya literasi di kelas contohnya tentang alat musik tradisional, pakaian tradisional beserta daerah asalnya, gambar rumah adat, atau poster-poster yang mengedukasi siswa. Tulisan yang dapat digunakan untuk memperkaya lingkungan literasi kelas di antaranya slogan-slogan yang dapat memotivasi siswa untuk belajar dan berperilaku positif.

Baca juga:  Guru Bangun Kepercayaan Diri pada Siswa Korban Bullying

Selain menggunakan gambar dan slogan untuk memotivasi siswa, lingkungan kaya literasi dapat diwujudkan dengan membuat pajangan alfabet-alfabet pada dinding kelas. Khususnya kelas satu untuk memudahkan mereka mengingat huruf. Selain itu, dinding kelas juga dapat dihiasi dengan nama-nama hari dan nama-nama bulan yang dapat membantu siswa untuk menghafal urutan hari dan bulan.

Majalah dinding kelas juga dapat dimanfaatkan untuk memperkaya suasana kelas literat. Selain sebagai pusat informasi kelas, majalah dinding juga dapat digunakan sebagai tempat untuk memajang hasil karya siswa. Sehingga diharapkan dengan adanya papan pajangan hasil karya, siswa menjadi bersemangat untuk berkarya dan selalu berkreasi. (*)