Figur  

Hanggini Akui Pernah Ingin Akhiri Hidup

Hanggini. (ANTARA/JOGLO JATENG)

MEMERANKAN tokoh seorang siswi SMA yang ingin bunuh diri di film Kembang Api, Hanggini mengungkapkan dirinya juga pernah mengalami gangguan kesehatan mental di dunia nyata. Bahkan, ia sempat ingin mengakhiri hidupnya.

“Aku juga sudah beberapa kali mencoba mengakhiri hidup saja, sama seperti di film Kembang Api. Ada satu masa, di mana aku merasa berat,” ungkap Hanggini dalam siaran resminya, belum lama ini.

Selamat Idulfitri 2024

“Aku cuma punya satu orang itu. Orang ini itu, jadi versi terbaik aku, bahagia aku. Di dalam permasalahan hidup aku, dia tahu sehancur apa hidup aku. Tapi ternyata dia tidak menepati janji-janjinya pada aku. Pada saat itu, aku berpikir, gila ya, tidak ada satu orang pun yang peduli sama aku. Tapi aku selalu mencari sisi positif di setiap apa yang aku lakukan,” sambungnya.

Baca juga:  Tiwi Fadlilatul Azna: Kisah Inspiratif Pelajar NU yang Berprestasi di Tengah Tantangan

Lebih lanjut, Hanggini menceritakan bahwa pada waktu itu, dia melakukan berbagai cara untuk mengakhiri hidupnya. Namun, ia mengungkapkan, kalau dirinya mampu keluar dari semua masalah yang dialami.

“Pada saat itu, aku selalu merasa kayaknya udahan aja kali ya, 2022, 2023, kayaknya nggak bakal survive,” ujarnya.

“Sejujurnya, orang yang mau bunuh diri itu, tidak mau mati. Mereka hanya kesepian saja sih. Yang membuat aku tidak ingin bunuh diri lagi, adalah karena aku ingin karya-karya aku didengar orang, terus aku ingin menikah. Jadi kalau aku mau bunuh diri, aku berpikir, kalau aku nggak ada, nanti aku nggak bisa merasakan menikah dong,” jelasnya.

Baca juga:  Kembangkan Minat Bakat, Banggakan Orang Tua

Atas apa yang pernah dialaminya itu, Hanggini juga memberikan pesan kepada semua yang sedang mengalami masalah. Harus kuat untuk sabar dan ikhlas.

“Kalau kalian butuh men-distract pikiran kalian, ga apa-apa lakukan saja. Masih banyak titik terang yang akan kalian temui, jangan menyerah sekarang aja sih. Kalau kalian menyerah sekarang, kalian justru tidak tahu kedepannya kalian akan dapat kesempatan bagus atau tidak,” ujarnya.

“Contohnya aku, kalau aku sudah mengakhiri hidup aku, sekarang aku tidak bisa speak disini, terus aku nggak bisa main bareng kak Caca, om Donny kak Ringgo. Itu adalah suatu kesempatan yang luar biasa buat aku. Semua masalah hidup kalian akan berlalu juga kok. Stay positif, walaupun aku tahu itu berat, tapi berusahalah tetap ikhlas dalam setiap masalah yang kalian hadapin, karena habis gelap akan terbit terang,” lanjutnya.

Baca juga:  Dalami Isu Remaja, Mitha Sukses Jadi Duta GenRe

Film Kembang Api merupakan remake dari film Jepang berjudul 3ft Ball & Soul karya sutradara Yoshio Kato. Film Kembang Api sendiri disutradarai oleh Herwin Novianto, dan diperankan oleh Marsha Timothy, Donny Damara, Ringgo Agus Rahman dan Hanggini. Film Kembang Api akan tayang serentak diseluruh bioskop Indonesia pada 2 Maret 2023. (ara/gih)