Wujudkan Pembangunan Jateng, BPSDMD Gelar Diskusi Forum Perangkat Daerah

PAPARAN: Kepala BPSDMD Jateng, Muhammad Arief Irwanto memberikan sambutan pada Forum Perangkat Daerah Renja (Rencana Kerja) 2024 bertajuk ‘ASN Sinau Bareng Mewujudkan Smart ASN’ di Aula Muria, Selasa (7/3/23). (HUMAS/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah  (BPSDMD) Provinsi Jawa Tengah menggelar Forum Perangkat Daerah Renja (Rencana Kerja) 2024 bertajuk “ASN Sinau Bareng Mewujudkan Smart ASN” di Aula Muria kompleks kantor BPSDMD Jateng, Selasa (7/3/23). Kegiatan ini bertujuan menyelaraskan program dan mempertajam indikator serta target kinerja sesuai dengan tugas dan fungsi perangkat daerah.

Kepala BPSDMD Jateng, Muhammad Arief Irwanto mengatakan, berpedoman pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017, forum perangkat daerah diselenggarakan untuk sinkronisasi pelaksanaan urusan pemerintahan daerah dalam merumuskan program dan kegiatan sesuai dengan tugas dan fungsinya. Hal ini agar pembahasan pada masing-masing perangkat daerah tidak berjalan secara parsial, sehingga bisa harmonis dan linier satu sama lain.

Baca juga:  Wali Kota Semarang Ingatkan Masyarakat Ikut Andil Cegah Korupsi

Oleh karena itu, pihaknya hadir memberi ruang untuk menganalisa permasalahan isu yang menjadi urusan bersama. Kemudian, dijadikan input dalam dokumen perencanaan masing-masing perangkat daerah, dalam rangka membangun komitmen penanganan isu strategis.

“Merujuk pada perencanaan pembangunan daerah Provinsi Jawa Tengah pada 2024 hingga 2026 yang bertajuk ‘Jawa Tengah yang Semakin Sejahtera dan Lestari’ dengan beberapa sasaran kita hadir memberikan ruang untuk bapak, Ibu sekalian disini,” katanya, Selasa (7/3/23).

Ia menjelaskan, sasaran pada perencanaan dan pembangunan Jateng pada 2024 hingga 2026 mendatang, di antaranya meningkatkan perekonomian tangguh, sumber daya manusia (SDM) yang berkarakter dan adaptif, ketahanan sumber daya alam dan lingkungan hidup serta terwujudnya tata kelola pemerintahan yang dinamis.

Baca juga:  Kirab Kebangsaan, Prabowo Minta Masyarakat Yakinkan Keluarga

Nantinya, lanjut Arief, output dari kegiatan ini adalah rencana program strategis perangkat daerah yang mendukung pencapaian penyusunan rancangan renja BPSDMD Provinsi Jawa Tengah tahun 2024.

SUASANA: Sejumlah peserta forum perangkat daerah menyimak paparan narasumber di Aula Muria kompleks kantor BPSDMD Jateng, Selasa (7/3/23).

Turut hadir dalam kegiatan secara langsung, Wakil Ketua Komisi A DPRD Provinsi Jawa Tengah Fuad Hidayat, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UNDIP Semarang Hardi Warsono, serta hadir secara daring Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI Muhammad Taufiq.

Dalam sambutannya, Kepala LAN RI, Muhammad Taufiq menyampaikan beberapa masukan untuk BPSDMD Jateng dan peserta yang ikut serta dalam kegiatan itu. Ia berharap BPSDMD dapat memfasilitasi sesuai dengan target pembangunan. Kemudian memberi kompetensi kepemimpinan dalam bidang pengembangan dalam coaching dan monitoring untuk membentuk SDM yang berkarakter.

Baca juga:  Dinsos Jateng Peringati Isra’ Mi’raj dengan Khidmat dan Cair

Monitoring dan coaching seorang pemimpin kepada staffnya penting, dan menjadi PR kita bersama agar dapat menggunakan SDM yang dapat memberikan penjaminan mutu,” pesannya.

Sementara, Wakil Ketua Komisi A DPRD Provinsi Jawa Tengah Fuad Hidayat meminta BPSDMD untuk terus fokus di pengembangan kompetensi ASN provinsi. Dan juga memfasilitasi pengembangan kompetensi ASN di tingkat kementerian, lembaga dan kabupaten/kota sebagai wujud kolaborasi serta penjaminan mutu sebagai upaya peningkatan pelayanan publik yang komprehensif.

“BPSDMD ini harus fokus pada kompetensi pengembangan ASN di Jawa Tengah, perbaikan harus terus dilakukan, hal-hal yang sifatnya penempatan dan sebagainya tentu saja menjadi ranah lain yang tidak boleh mengurangi semangat dan kualitas dari BPSDMD Jateng,” tandasnya. (luk/gih)