Harga Telur Naik Jelang Ramadan

TIMBANG: Pedagang Pasar Pagi Pemalang yang melayani pembeli, beberapa waktu lalu. (UFAN FAUDHIL/JOGLO JATENG)

PEMALANG, Joglo Jateng – Menjelang puasa Ramadan 2023, harga sejumlah bahan pokok mulai naik, salah satunya komoditi telur ayam. Kenaikan tersebut terjadi karena permintaan masyarakat jelang Ramadan meningkat, di mana mereka mengadakan syukuran menyambut hari suci tersebut.

Aris (48) salah satu pedagang telur di Pasar Pagi Pemalang mengaku kenaikan harga ini sudah terjadi dari akhir Februari lalu. Dari harga normal Rp 24 ribu per kilo, saat ini harga telur ayam negeri naik menjadi Rp 28 ribu per kilo.

“Mulai pekan ini, telur naik jadi Rp 28 ribu per kilo, sebelumnya paling Rp 26-27 ribu per kilo. Ya pengaruhnya itu karena mau puasa jadi naik semua. Harapannya walaupun naik, permintaan tetap stabil, jadi kami masih bisa menjual dengan aman,” tuturnya.

Baca juga:  Fraksi Gerindra DPRD Pemalang Tak Ganti Baskoro yang Sakit, Ini Alasannya

Hal serupa juga diungkapkan oleh Ghofur, yang juga seorang pedagang telur. Dia mengatakan, ramainya pembeli sesaat menjelang puasa ini sangat ia syukuri. Sebab dibandingkan dua tahun lalu, sekarang lebih ramai karena perekonomian mereka mulai stabil dan bisa mengadakan acara syukuran jelang Ramadan.

“Alhamdulillah tahun ini berkah, kalau dibandingkan kemarin sekarang masyarakat lebih banyak yang melaksanakan syukuran. Jadi pedagang seperti kami merasakan keuntungannya,” ungkapnya.

Bahkan menurutnya, harga ini akan terus naik lagi jelang Idul fitri nanti, sehingga ia berharap pemerintah dapat mengantisipasinya. Agar tidak ada lonjakan harga yang terlalu tinggi hingga berpengaruh pada minat beli masyarakat. (fan/abd)