Pemkot Pekalongan Gelar Operasi Pasar hingga 13 April

ANTUSIAS: Sejumlah warga mendatangi operasi pasar murah di halaman Kantor Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Pekalongan, Jumat (31/3). (ANTARA/JOGLO JATENG)

PEKALONGAN, Joglo Jateng – Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan bekerja sama dengan Perum Bulog setempat siap menggelar operasi pasar kebutuhan pokok masyarakat hingga 13 April 2023. Hal itu bertujuan untuk memberikan manfaat kepada masyarakat dalam mendapatkan kebutuhan pokok saat Ramadan 1444 Hijriah hingga Lebaran 2023.

“Ya, kami menggelar operasi pasar murah sebanyak tiga kali yaitu pada 31 Maret 2023, 6 April dan 13 April 2023 di halaman Kantor Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM setempat,” kata Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Pekalongan Budiyanto.

Baca juga:  Konferwil PWNU Diharapkan Hasilkan Kebijakan Strategis

Menurut dia, sejumlah komoditas bahan pokok yang disediakan adalah beras medium kemasan 5 kilogram, gula pasir dan minyak goreng. Komoditas bahan pangan berupa 5 kilogram beras jenis medium, 1 kilogram gula pasir dan 1 liter minyak goreng yang dikemas dalam satu paket itu seharga Rp 70 ribu.

Ia yang didampingi Kepala Bidang Perdagangan Junaenah mengatakan, pihaknya menyiapkan sebanyak 400 paket pada setiap kegiatan operasi pasar murah tersebut. Adapun, untuk harga komoditas pangan yang disediakan dijual di bawah harga pasar seperti minyak goreng jika di pasaran bisa mencapai lebih dari Rp 14 ribu per liter dijual hanya Rp 13,5 ribu per liter, gula pasir Rp 13,5 ribu per kilogram, dan beras kemasan 5 kilogram hanya Rp 43,5 ribu per kilogram.

Baca juga:  Jika Diamanahi Ketua PWNU, Kiai Rofiq Akan Gandeng Cabang Kelola Potensi Warga NU

Ia mengatakan, untuk sistem pembelian akan menggunakan kupon yang dibagikan melalui pihak kelurahan dan usaha mikro kecil dan menengah binaan Dinas Perdagangan dan Koperasi. Dengan batasan 1 kupon setiap orangnya.

“Memasuki Ramadan dan menjelang Lebaran kebutuhan masyarakat memang mulai meningkat dibandingkan hari biasa. Oleh karena itu, kami berharap dengan adanya operasi pasar murah ini bisa memberikan manfaat pada masyarakat,” jelasnya. (ara/abd)