2321 Calon Mahasiswa UIN Walisongo Lolos Jalur SPAN PTKIN

SUASANA: Gerbang masuk kampus 3 UIN Walisongo di Jl. Prof. Dr. Hamka No.3, RW.5, Tambakaji, Kec. Ngaliyan. (HUMAS/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Universitas Islam Negeri Walisongo mengumumkan Calon Mahasiswa dari jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). Tepatnya pada Senin (3/4). Sebanyak 2321 Calon Mahasiswa dinyatakan lolos sebagai calon mahasiswa melalui jalur ini.

Rektor UIN Walisongo Semarang, Imam Taufiq menjelaskan, jumlah peminat calon mahasiswa yang mendaftar di UIN Walisongo melalui jalur ini sebanyak 40.080 pendaftar.  Perbandingan jumlah pendaftar dengan penerima adalah 1:17. Selain itu, UIN Walisongo menempati peringkat keempat sebagai kampus PTKIN yang paling banyak diminati oleh pendaftar diseluruh Indonesia.

Selamat Idulfitri 2024

“Kami sampaikan selamat kepada yang lulus, dan segeralah melakukan registrasi ke kampus masing-masing. Dengan memanfaatkan skema beasiswa secara kompetitif yang ada di UIN Walisongo Semarang. Beasiswa itu di antaranya Kartu Indonesia Pintar (KIP), Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) yang bekerja sama dengan LPDP, Beasiswa Baznas, dan lainnya,” tuturnya, belum lama ini.

Baca juga:  MTsN 4 Bantul Ajak Siswa Belajar Interaktif lewat Kartu Kata

Informasi hasil SPAN PTKIN UIN Walisongo dapat diakses pada portal https://span.ptkin.ac.id/  dengan memasukan nomor pendaftaran. Bagi Calon Mahasiswa yang dinyatakan lolos SPAN PTKIN yang dinyatakan lulus diharapkan untuk mengisi data diri secara online pada tanggal 4-12 April 2023. Kemudian melakukan pebayaran Uang Kuliah Tunggal pada tanggal 28 April–12 Mei 2023.

“Selain itu mahasiswa yang dinyatakan lulus mengisi data diri dihalaman https://datadiri.walisongo.ac.id,” pesan rektor.

Informasi lengkap tentang alur registrasi ini dan template form yang dibutuhkan dapat diakses di laman https://walisongo.ac.id dan https://datadiri.walisongo.ac.id. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Bagian Akademik dan Kemahasiswaan UIN Walisongo Semarang melalui nomor helpdesk 085174370900 pada jam kerja (Senin – Jum’at, jam 07.30–16.00 WIB).

Baca juga:  Berikan Ilmu Bercocok Tanam Hidroponik kepada Siswa

SPAN PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN, IAIN dan STAIN dalam satu sistem yang terpadu. Seleksi tersebut diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia. Jalur SPAN PTKIN ini dilakukan berdasarkan penjaringan prestasi akademik siswa dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lain, tanpa ujian tertulis.

Bagi mahasiswa yang belum dinyatakan lolos SPAN PTKIN masih memiliki kesempatan kuliah melalui jalur UM-PTKIN. Pendaftarannya akan dibuka pada 10 April sampai 15 Mei 2023. (hms/mg4)