Pertengahan Ramadan, Harga Telur di Pasar Pagi Pemalang Mulai Stabil

Pasar Pagi Pemalang
TIMBANG: Bagus pelayan di kios telur Pasar Pagi Pemalang saat melayani pembeli, belum lama ini. (UFAN FAUDHIL/JOGLO JATENG)

PEMALANG, Joglo Jateng – Harga sejumlah bahan pokok terutama telur di Pasar Pagi Pemalang berangsur stabil dan normal pada pertengahan Ramadan. Dinas Koperasi dan UMKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Pemalang mencatat kestabilan tersebut terjadi karena tingkat beli masyarakat yang sebelumnya naik di awal puasa berangsur normal.

Kasi Perdagangan dan Perlindungan Konsumen Diskoperindag Pemalang Tiyas Kusbudiarsih mengungkapkan, menjadi hal yang biasa ketika awal puasa harga bahan pokok naik, akan mulai turun saat pertengahan dan naik kembali jelang hari raya. “Ya sudah biasa naik pas awal bulan Ramadan, terus turun di pertengahan dan naik lagi sebelum dan pasca lebaran,” tuturnya.

Baca juga:  Tercatat 22.425 Anak di Pemalang Putus Sekolah

Walaupun demikian, pihaknya menjamin stok telur hingga lebaran 2023 ini dapat tercukupi. Di mana data di Diskoperindag tercatat sebanyak 1.055 ton stok telur ayam negeri di Kabupaten Pemalang yang akan mencukupi kebutuhan telur di dalam daerah.

Adapun bahan pokok lain seperti cabai dan bawang juga mengalami penurunan. Tias menuturkan kestabilan cuaca menjadi salah satu hal yang mendukung banyaknya stok cabai di petani, karena tidak adanya gagal panen sehingga stok di pasaran melimpah dan harga menjadi stabil.

Sementara itu, Aris (48) pedagang telur di Pasar Pagi Pemalang mengatakan, harga telur sudah mulai turun sepekan terakhir, terutama di dua hari belakang di mana harga grosir yang sebelumnya di angka Rp 27 ribu-Rp 29 ribu per 10 kilo sekarang menjadi Rp 25.500 per 10 kilo. Untuk harga eceran, dirinya biasa menjual di harga Rp 27 ribu hingga Rp 28 ribu per kilo.

Baca juga:  Galaran Hiburan Band Nasional Bakal Ada Di Pemalang

“Alhamdulillah awal puasa kemarin walaupun harga naik penjualan juga ikut baik, bahkan sampai  dua kali lipat. Biasanya paling kita menjual 3-4 kuintal dan kemarin bisa 5-6 kuintal,” ucapnya. (fan/abd)