Optimalkan Pelayanan, RSJD Surakarta Operasikan Gedung Baru

gedung baru RSJD Surakarta
MEGAH: Suasana gedung baru RSJD Surakarta, beberapa waktu yang lalu. (HUMAS/JOGLO JATENG)

SURAKARTA, Joglo Jateng – Untuk memberi pelayanan yang maksimal kepada pasien, Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) Surakarta mulai mengoperasikan gedung baru pada 1 Februari 2023 lalu. Gedung baru ini digunakan untuk ruang rawat jalan dan ruang rawat inap VIP.

Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Medis dr. Maria Rini I., Sp.Kj, M.Kes menjelaskan, gedung ini di lantai satu digunakan untuk rawat jalan, sedangkan lantai dua sebagai rawat inap VIP. Selain itu, juga disediakan berbagai fasilitas yang mumpuni.

“Untuk lantai satu ini ada ruangan rawat jalan psikiatri untuk jiwa dewasa dan non psikiatri seperti penyakit kelamin, penyakit dalam, syaraf sama rehabilitasi medik,” ungkapnya kepada Joglo Jateng, Selasa (11/4).

Sementara itu, lanjutnya, pelayanannya dilakukan selama hari kerja, dengan satu pintu pendaftaran dan pengambilan obat. Nantinya, jika dibutuhkan ruang laboratorium di gedung baru ini juga disediakan.

Kepala Ruang VIP Wahyu Widiyanti, S.Kep, Ns menambahkan, untuk lantai dua sebagai rawat inap ada 16 kapasitas tempat tidur VIP dengan 2 tempat isolasi dan 14 ruang perawatan. Dibagi menjadi dua blok yaitu barat digunakan fisik murni dan timur digunakan untuk psikiatri,

”Untuk blok barat sengaja dipisahkan karena jika ada pasien neuro butuh suasana yang lebih tenang, sehingga kita pisahkan. Namun dari sisi pelayanan tidak ada pembedaan dari sisi keperawatan,” jelasnya.

Widiyanti menjelaskan, di ruang tersebut juga bisa mengabungkan antara dua riwayat pasien. Misalnya, dokter psikiatri yang membutuhkan rawat bersama (raber) seperti psikiatri dengan riwaya stroke bisa dilakukan rawat dengan dokter neurologi.

Menurutnya, ruang VIP lantai dua ini dilengkapai tempat tidur dengan nurse call. Sehingga pasien tanpa keluar kamar bisa memangil perawat. Selain itu, ada juga kursi dan sofa yang nyaman, kulkas, AC, nakas, meja, wastafel, lemari pakaian, smart TV dan kamar mandi yang dilengkapai water heater.

“Nantinya gedung ini akan dibangun lima lantai. Namun saat ini baru selesai dua lantai dan kami segera melanjutkan pembangunan. Fasilitas ini untuk menunjunjang pasien yang datang di RSJD Surakarta,” imbuhnya. (cr4/gih)