Musnahkan 3.500 Miras, Kapolres Pemalang: Mari jaga Keamanan Lingkungan saat Lebaran

Apel Persiapan Mudik dan pemusnahan barang bukti di Alun-alun Pemalang
MENGGUNUNG: Ribuan miras dimusnahkan dalam Apel Persiapan Mudik dan pemusnahan barang bukti di Alun-alun Pemalang, Senin (17/4/23). (UFAN FAUDHIL/JOGLO JATENG)

PEMALANG, Joglo Jateng – Polres Pemalang bersama Kodim 0711/Pemalang, Plt Bupati Pemalang, dan seluruh stakeholder terkait musnahkan 3.500 minuman keras (miras) barang sitaan hasil operasi selama 2023 di Alun-alun kota Kabupaten Pemalang, Senin (17/4). Dengan pelaksanaan kegiatan ini, diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang aman, tertib, nyaman, dan tenteram dengan dukungan dari masyarakat.

Kapolres Pemalang AKBP Yovan Fatika Handhiska Aprilaya mengungkapkan, sebanyak 3.500 miras dari berbagai jenis dimusnahkan hasil dari operasi penyisiran dari akhir 2022 hingga 2023 ini. Dengan hal tersebut, ia berharap dapat menekan peredaran miras ilegal yang ada di masyarakat.

Baca juga:  KPU Pemalang Mulai Distribusikan 277 Kotak Logistik Pemilu

“Kita hancurkan semua miras dari berbagai jenis. Alhamdulillah ini bisa dilaksanakan karena dukungan semua stakeholder, terutama Pemkab Pemalang. Ke depan, kita akan terus laksanakan giat penertiban, sehingga peredaran miras ilegal bisa dikendalikan,” ujarnya.

Selain melaksanakan penghancuran barang bukti, pada kegiatan tersebut sekaligus digelar apel pembukaan pelaksanaan Operasi Ketupat Candi Mudik Lebaran 2023. Dengan total petugas yang dikerahkan ada 858 orang dari seluruh stakeholder baik TNI, Polri, Satpol PP, Dishub, Dinkes, dan lainnya.

Untuk antisipasi kepadatan arus mudik di jalan Tol Pemalang, Yovan menjelaskan akan dilaksanakan satu jalur atau one way di jalan tol, terutama dari arah Jawa Barat ke Semarang. Hal tersebut dilakukan untuk mengurai kemacetan. Jika masih padat, maka kendaraan akan diarahkan ke luar tol dan masuk ke beberapa jalur alternatif yang sudah disiapkan.

Baca juga:  Bimbing Atlet, Pemkab Pemalang Gelar Turnamen Taekwondo

“Kita semua sudah siap 100 persen untuk penanganan mudik, dan antisipasi one way rekayasa lalulintas agar mengurai kemacetan kendaraan. Tambahan Polres juga menyiapkan petugas khusus dengan kendaraan roda dua untuk membantu pengendara yang macet di jalan atau kelelahan yang siap setiap saat,” ucapnya. (fan/abd)