Jalin Kerjasama Empat Rumah Sakit, UIN Walisongo Siap Wujudkan Fakultas Kedokteran yang Humanis dan Beradab

Rektor UIN Walisongo Semarang Prof. Dr. Imam Taufiq, M.Ag.
Rektor UIN Walisongo Semarang Prof. Dr. Imam Taufiq, M.Ag. saat menandatangani Perjanjian Kerjasama denagn 4 rumah sakit. (HUMAS/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Fakultas Kedokteran Universitas Islam Negeri Walisongo memasuki tahap selanjutnya dengan bekerjasama dengan empat Rumah Sakit sebagai Rumah Sakit Pendidikan Utama, Satelit dan Afiliasi. Keempat rumah sakit tersebut adalah Rumah Sakit Nasional Diponegoro, Rumah Sakit Umum Daerah dr. Adhyatama, MPH Tugurejo, Rumah Sakit Umum Daerah dr. Gondo Suwarno Kabupaten Semarang dan Rumah Sakit Jiwa Daerah dr. Amino Gondohutomo.

Kerjasama membahas tentang Penunjukan Rumah Sakit mitra Fakultas Kedokteran UIN Walisongo Semarang dan RSUD dr. Gondo Suwarno Kabupaten Semarang Sebagai Rumah Sakit Pendidikan Utama Fakultas Kedokteran.

Sedangkan Rumah Sakit Nasional Diponegoro dan RSJD DR. Amino Godohutomo sebagai Rumah Sakit Pendidikan Afiliasi Fakultas Kedokteran UIN Walisongo Semarang serta RSUD dr. Adhyatama, MPH Tugurejo sebagai Rumah Sakit Pendidikan Satelit Fakultas Kedokteran UIN Walisongo.

Kerjasama dengan Rumah sakit ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama yang ditandangani oleh Rektor UIN Walisongo Semarang Prof. Dr. Imam Taufiq, M.Ag. , dr. Mas Dady Dharma Suryadi Direktur Rumah Sakit Umum Daerah dr. Gondo Suwarno Kabupaten Semarang, dr. Alek Jusran,M.Kes. Direktur RSJD DR. Amino Gondohutomo, Direktur Rumah Sakit Nasional Diponegoro yaitu Dr. dr. Sutopo Patria Jati, M.M., M.Kes., dan dr. Prihatin Iman Nugroho, M.Kes Sp.P. Pejabat Pelaksana Tugas(Plt) Direktur Rumah Sakit dr. Adhyatama, MPH Tugurejo dan seluruh Tim Penyusun Naskah dan Dekan di UIN Walisongo. Kegiatan ini berlangsung di ruang Theater Lantai 4 Gedung K.H. Saleh Darat pada Jumat (5/05/2023).

Baca juga:  Disdik Kota Semarang Siap Bantu Akses Sekolah untuk 69 CPD

Prof. Dr. Imam Taufiq, M.Ag., Rektor UIN Walisongo menyampaikan, “UIN Walisongo dan Rumah Sakit mitra bekerjasama dan bersinergi untuk mewujudkan Fakultas Kedokteran. Harapannya melalui kerjasama ini membawa maslahat dan barokah untuk UIN Walisongo dan Rumah sakit mitra. Serta bersama-sama mewujudkan Fakultas Kedokteran yang melahirkan Dokter yang Humanis dan Beradab,” ungkapnya.

“ Fakultas Kedokteran sudah siap dalam waktu yang singkat, proses yang cepat, dukungan luar biasa dan support tiada tara. Ini merupakan Kebanggaan, Keharuan dan Keseriusan Bapak ibu semua untuk menciptakan insan yang unggul. Dari sisi sarana dan prasarana UIN Walisongo sudah menyiapkan laboratorium serta gedung kuliah untuk Fakultas Kedokteran. Kedepannya tentu kita akan mensinkronkan apa yang sudah dilakukan, diskusi lanjut untuk mewujudkan Fakultas Kedokteran lebih baik. Bagitupun Rumah Sakit Mitra untuk bisa berselancar dan berselaras mewujudkan harapan kita bersama,” pungkasnya.

Baca juga:  LPTTN akan Contoh Program Ketahanan Pangan SMPN 39 Semarang

Selaras dengan Rektor UIN Walisongo, dr. Alek Jusran, M.Kes menyampaikan “Kami siap memberikan dukungan atas niat baik UIN Walisongo. UIN Walisongo menjawab kebutuhan bangsa karena Indonesia masih kekurangan dokter dan distribusi belum merata. Menariknya lagi UIN Walisongo berkomitmen mewujudkan Dokter yang humanis dan beradab. Ini sangat indah dan berharap Dokter yang lahir dari UIN Walisongo khas dan berbeda. Rumah sakit kami juga berkomitmen membantu keilmuan psikiatri yang cukup mumpuni dan tenaga dokter dan pasiennya,” ungkapnya.

Universitas Islam Negeri Walisongo dalam mempersiapkan Fakultas Kedokteran sudah digagas dua tahun silam namun sempat tertunda. Beberapa persiapan yang sudah dilakukan adalah melakukan persiapan dan berbagai kerjasama utamanya dalam mengakselerasikan kurikulum nantinya dan menciptakan kualitas pembelajaran. Sebelumnya kerjasama persiapan Fakultas Kedokteran yang sudah dilakukan dengan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Baca juga:  Melly Pangestu Daftar Bakal Calon Wakil Wali Kota ke DPP

Kegiatan ditutup dengan bersama-sama meninjau Laboratorium Ibnu Sina milik UIN Walisongo dan beberapa ruang kuliah Fakultas Kedokteran UIN Walisongo. (hms/rds)