Hindari Kekerasan Jalanan, MAN 1 Sleman Gelar Pentas Seni

Siswa-siswi MAN 1 Sleman
AKSI: Siswa-siswi MAN 1 Sleman unjuk kebolehan di atas panggung, beberapa waktu lalu. (ISTIMEWA/ JOGLO JOGJA)

BELAKANGAN ini kekerasan jalanan kerap terjadi di wilayah Yogyakarta. Bahkan pelakunya sendiri tidak luput dari anak-anak usia sekolah. Untuk menarik perhatian siswa agar tidak terjerumus dalam perilaku menyimpang tersebut, Madrasan Aliyah Negeri (MAN) 1 Sleman menggelar pentas seni di lingkungan sekolah mereka. Kegiatan yang dilakukan juga dalam rangka menunjukkan kreasi bakat serta kreativitas siswa.

Adanya kegiat pentas seni itu, bertepatan juga dengan pelepasan siswa kelas XII yang telah menempuh ujian. Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) MAN 1 Sleman, Ghozi Ahmad mengatakan, acara itu disiapkan oleh siswa kelas X dan XI yang juga merupakan anggota OSIS. Tak sendiri kegiatan itu juga didasari dari dukungan seluruh civitas akademika yang ada di sekolah.

Baca juga:  Menteri ATR/BPN Serahkan 205 Sertifikat Konsolidasi Tanah

“Kami selalu berkoodinasi oleh para guru dan juga kita akan selalu menjunjung nilai kebersamaan dan kekompakan para siswa,” katanya, belum lama ini.

Pada pentas seni tersebut, sekolah mengangkat tema Hidupkan Tradisi Melampaui Modernisasi dalam Bingkai Keberagaman. Mereka yang tampil pada pementasan tersebut adalah siswa kelas X dan XI.

“Kami mengusung tema tersebut karena banyak kreasi yang bisa diangkat terutama di Indonesia karena memiliki banyak suku dan budaya yang ada di dalamnya,” ungkapnya.

Kepala Sekolah MAN 1 Sleman Anis Syafa’at menuturkan, acara pentas seni tersebut merupakan agenda yang diadakan setiap tahun. Pada dasarnya, MAN 1 Sleman sendiri memiliki fokus untuk mengembangkan kreativitas para siswanya agar mereka selalu memiliki keterampilan dan bakat.

Baca juga:  Siswi MTsN 4 Bantul Sabet Juara 3 Lomba Geguritan Tingkat Provinsi

“Tahun ini, kami mengusung tema Nusantara. Pada dasarnya kami ingin mewujudkan toleransi dan keberagaman yang ada di Indonesia kepada para siswa,” terangnya.

Tak hanya itu, Anis juga menegaskan dengan ajang kreativitas tersebut, para siswa diharapkan mampu melihat potensi yang ada di dalam dirinya. Selain itu, siswa juga mengerti dengan kegiatan-kegiatan yang ada di MAN 1 Sleman.

“Ajang bakat kreatif kali ini, pada dasarnya bertujuan untuk menghindari kekerasan dan kejahatan jalanan untuk para siswa. Dengan adanya kegiatan yang bersifat kreatif ini kita berharap para siswa bisa terhindar dari kegiatan yang negatif dan selalu berkegiatan yang positif,” tambahnya. (cr5/mg4)