Figur  

Amaliah Tak Menyangka Lolos Masuk UI Jurusan Kedokteran Lewat Jalur SNBP 2023

Amaliah Herawati
Amaliah Herawati. (UFAN FAUDHIL/JOGLO JATENG)

AMALIAH Herawati (17) menjadi satu-satunya siswi MAN Pemalang yang masuk Universitas Indonesia Jurusan Kedokteran pada Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2023. Hal itu merupakan hasil jerih payahnya antara lain dengan mengikuti beberapa lomba. Awalnya termotivasi karena diiming-imingi makan gratis dan jalan-jalan oleh guru pembina lomba.

Siswi yang akrab disapa Amaliah itu sangat kaget ketika melihat hasil pengumuman SNBP bersama temannya. Ia mengaku nekat hanya memilih satu jurusan S1 Kedokteran UI. Dan ternyata hasil kerja kerasnya belajar tidak sia-sia. Dirinya berhasil masuk PTN favorit dan menjadi satu-satunya siswi MAN yang masuk UI jalur SNBP 2023.

Baca juga:  Kejar Passion di Dunia Fashion

“Alhamdulillah bisa lolos, walaupun tidak menyangka tapi terbalas sudah semua kerja keras belajar dan mengikuti lomba. Menjadi dokter adalah cita-cita saya dan ini merupakan langkah awal untuk bisa meriahnya, tapi semuanya itu dapat diraih karena dukungan orang tua juga guru. Terutama pembimbing lomba yang memberi motivasi serta semangat dengan cara makan gratis dan jalan-jalan seusai ikut lomba,” ujarnya, Minggu (14/5/23).

Dari motivasi yang tergolong unik itulah ia berhasil mendapatkan mendali di ajang kompetisi biologi nasional pada saat duduk dibangku kelas 10 MAN. Di mana saat pelaksanaan bimbingan, ia sering diberikan jajanan oleh guru pembimbing, sehingga ia lebih semangat untuk belajar dan meraih prestasi.

Baca juga:  Tarissa Rahmi Iffada, Mahasiswa Unisnu Jepara yang Berkarya di Bidang Seni

Selain belajar, untuk meraih cita-citanya, Amaliah juga mencari informasi hal apa saja yang dibutuhkan untuk bisa masuk ke fakultas kedokteran UI. Beberapa di antaranya yaitu nilai raport harus terus naik, serta sertifikat prestasi yang mendukung mata pelajaran biologi ataupun kimia.

“Jujur saya pribadi bukan orang yang ingin menonjol, jadi kalau belajar diam-diam tapi pasti. Alhamdulillah ada tiga lomba yang kemarin sempat diikuti ada yang juara sampai dapat emas dan perunggu, semuanya bisa terwujud karena dukungan guru, orang tua dan teman,” pungkasnya. (fan/gih)