Oleh: Munawaroh, S.Pd.
Guru SDN 01 Samong, Kec. Ulujami, Kab. Pemalang
MEMBACA merupakan sebuah aktivitas berupa melafalkan atau mengeja sebuah tulisan. Hal ini sesuai dengan yang tertuang dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) yang menyatakan bahwa membaca adalah mengeja atau melafalkan apa yang tertulis. Keterampilan membaca merupakan salah satu materi yang sangat penting dalam pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar. Melalui pembelajaran membaca, guru dapat mengembangkan pengetahuan, kemampuan bernalar, dan kreativitas siswa. Keterampilan membaca harus dikuasai oleh siswa. Karena keterampilan membaca dapat menunjang siswa dalam hal pemahaman materi dan menghindarkan kesalahpahaman.
Tetapi pada kenyataannya, keterampilan membaca siswa kelas tiga di SDN 01 Samong menggambarkan bahwa minat baca siswa masih rendah. Sebagian besar siswa belum lancar membaca. Oleh karena itu, melalui pembelajaran bahasa Indonesia, siswa diajarkan bagaimana cara menguasai teknik membaca yang baik, efektif, dan menyenangkan. Keterampilan membaca diharapkan bisa dikuasai oleh siswa kelas 3 SDN 01 Samong. Guru untuk meningkatkan keterampilan membaca menggunakan salah satu permainan, yaitu dabble.
Dabble adalah permainan dengan menyusun kata dari kepingan huruf. Siswa dapat mengacak huruf-huruf sehingga dapat mengeja dan membaca dengan lancar. Permainan ini juga diharapkan dapat mengasah otak siswa untuk membuat sebuah kata dan bisa membaca secara cepat dan tepat. Guru menggunakan permainan dabble yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Menurut Saefudin (2012), metode permainan adalah suatu cara penyajian materi pelajaran melalui berbagai macam bentuk aktivitas permainan untuk menciptakan suasana menyenangkan. Sehingga siswa akan belajar dengan gembira.
Melalui game dabble, siswa akan tergerak menjadi lebih aktif dan senang. Sehingga proses belajar membaca dalam bahasa Indonesia di kelas menjadi lancar. Kelebihannya, game dabble mudah dicerna oleh siswa karena mempunyai desain yang menarik. Sehingga dapat menarik minat belajar siswa. Siswa dapat bermain sambil belajar, sehingga tidak merasa bosan. Game dabble terbukti dapat meningkatkan keterampilan membaca pada siswa kelas 3 SDN 01 Samong Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang. Siswa lebih aktif, termotivasi, dan senang dalam proses belajar bahasa Indonesia di kelas. (*)