BRIN Beri Bimtek Proposal untuk MAN Pemalang

PRESENTASI: Siswi MAN Pemalang saat memberikan paparan dalam Bimtek Proposal Inovasi di Aula MAN Pemalang, belum lama ini. (UFAN FAUDHIL/JOGLO JATENG)

PEMALANG, Joglo Jateng – Masuk jadi salah satu sekolah piloting project Sembari (Sekolah atau Madrasah Berbasis Riset dan Inovasi), Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) laksanakan pendampingan pembuatan proposal penelitian kepada siswa-siswi MAN, belum lama ini. Dengan pendampingan tersebut, Koordinator Peneliti Bidang Kerja Sama Pusat Riset Pendidikan berharap siswa-siswi MAN bisa lolos seleksi Kompetisi Riset Nasional dan menang menjadi juara.

Koordinator Peneliti Bidang Kerja Sama Pusat Riset Pendidikan Evi Sopadi mengatakan, kunjungannya ke MAN Pemalang ini menjadi agenda kedua. Di mana pihaknya ingin menegaskan kerja sama BRIN dan MAN Pemalang untuk pencanangan program Sembari di MAN Pemalang. MAN menjadi satu dari 50 sekolah SMA, SMK, MA, SMP, MTS, , SD dan MI yang akan dicanangkan program tersebut di Indonesia.

Baca juga:  12 Caleg Terpilih Belum Serahkan LHKPN

“Kita sudah bergerak ke 12 provinsi se-Indonesia untuk mensosialisasikan program Sembari ini di 50 sekolah yang ada. Dan MAN Pemalang jadi satu-satunya di Pemalang yang kita datangi untuk menjadi piloting project program tersebut. Kedatangan kita kali ini untuk memberikan bimtek proposal untuk pelajar MAN,” tuturnya.

Ia melihat, MAN Pemalang memiliki potensi yang besar untuk menjadi sekolah atau madrasah berbasis riset dan teknologi di Kabupaten Pemalang. Dengan bimtek tersebut, ia ingin memberikan pendampingan kepada pelajar MAN agar memahami cara penulisan artikel ilmiah yang benar hingga bisa berprestasi di tingkat nasional, bahkan internasional.

Baca juga:  Dewan Minta Pemkab Pemalang Tegas Soal Oknum ASN Nakal

Sementara itu, Ketua Komite MAN Pemalang Supaat menegaskan, pihaknya siap mendukung sekolah untuk bisa mengembangkan program sembari ini. Dengan begitu, ke depan MAN Pemalang dapat dikenal sebagai sekolah atau madrasah riset satu-satunya di Pemalang.

“Kita dukung penuh pelajar MAN untuk maju dan bersaing dengan pelajar lainnya di luar sana. Tentunya dengan pembiayaan operasional dan fasilitas akan kita penuhi untuk MAN Pemalang lebih maju lagi,” ujarnya.

Kepala MAN Pemalang Ahmad Najid menambahkan motivasi kepada seluruh siswa-siswi MAN yang ikut dalam pelaksanaan bimtek tersebut. Ia sangat mendukung seluruh pelajar MAN untuk menekuni keahlian di bidang mereka masing-masing, hingga akhirnya sukses meraih cita-cita mereka nantinya.

Baca juga:  DPRD Pemalang Setujui Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2023

“Kita sekolah pasti dukung semua kegemaran, minat dan bakat siswa tanpa terkecuali semuanya akan berikan fasilitas serta bimbingan terbaik untuk mereka. Dan ini pencanangan MAN Pemalang sebagai Madrasah Riset jadi hal baru sebagai dukungan untuk siswa,” paparnya. (fan/abd)