Jepara  

Agus Sutisna: Sinergitas Tiga Pilar Pemerintah, TNI dan Polri Menjadi Garda Terdepan Kondusifitas di Jepara

Ketua Komisi A DPRD Jepara Agus Sutisna
(Dari kiri) Ketua Komisi A DPRD Jepara Agus Sutisna, Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta. (MUHAMMAD AGUNG PRAYOGA/JOGLO JATENG)

 

JEPARA, Joglo Jateng – Apel tiga pilar desa (Petinggi, Babinsa dan Bhabinkamtibmas) dengan tema “Sinergitas Pemkab Jepara Bersama TNI dan Polri dalam Rangka Menjaga Kondusifitas dan Stabilitas Wilayah Menjelang Tahun Politik 2024” di Wilayah Kabupaten Jepara kembali digelar, Rabu (31/05/2023).

Apel yang digelar di Pendopo RA Kartini Kabupaten Jepara tersebut dihadiri langsung oleh Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta, Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, Dandim 0719/Jepara Letkol Inf Mokhamad Husnur Rofiq, yang mewakili Kajari, Ketua Komisi A DPRD Jepara Agus Sutisna, Kepala Bakesbangpol Jepara Lukito Sudi Asmara, Forkopimcam, Petinggi, Babinsa dan Bhabinkamtibmas se-Kabupaten Jepara serta undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta mengucapkan apel tiga pilar ini dalam rangka konsolidasi antara Pemkab Jepara dengan TNI dan Polri. Apel tiga pilar ini guna memperkuat sinergitas. “Presiden meminta agar isu aktual harus ditangani dengan baik,” ucapnya.

Baca juga:  Meriah, Pj Bupati Jepara Sambut Baik Festival Budaya Kelurahan Panggang

Isu aktual saat ini adalah Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), pencegahan stunting, dan penanganan inflasi. Diharapkan, personel TNI dan Polri bisa mengawal kegiatan-kegiatan di masyarakat.

“Dalam penurunan stunting dengan membantu Posyandu dan bidan desa, ajak RT/RW, para kader, tokoh agama, hingga tokoh masyarakat bahu-membahu” pesan Pj Bupati Jepara.

Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan mengungkapkan bahwa Petinggi/Kades, Babinsa dan Bhabinkamtibmas merupakan aparat pemerintahan terdepan yang bertugas 24 jam di tengah masyarakat yang paham akan situasi kondisi dan dapat mengetahui keluh kesah warga masyarakat di wilayahnya yang masing – masing mempunyai peran aktif.

Baca juga:  Kasus Bank Jepara Artha, DPRD Gunakan Hak Interpelasi dan Bentuk Pansus

“Petinggi/Kades adalah pilar pelayanan pemerintahan di Desa, Babinsa adalah pilar pertahanan dan keamanan di Desa, Bhabinkamtibmas adalah pilar perlindungan dan pengayom masyarakat di Desa,” papar Kapolres.

Kapolres juga menambahkan terkait menghadapi paham radikalisme dan terorisme harus berperan aktif mensosialisasikan kepada masyarakat untuk menolak paham radikalisme dan terorisme (kegiatan dalam bentuk deradikalisasi). Peran menghadapi paham radikalisme dan terorisme agar tidak diidentikan dengan ajaran dan keyakinan agama tertentu.

Dandim 0719/Jepara mengungkapkan bahwa pilar desa harus saling bersinergi, bekerjasama menjaga keamanan. Ikut serta mewujudkan kemajuan untuk mensejahterakan masyarakat.

Agus Sutisna, Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Jepara yang hadir dan turut menjadi narasumber dalam apel 3 pilar tersebut mewakili Ketua DPRD Kabupaten Jepara yang sedang berada di Jakarta. Agus Sutisna menekankan pada peserta Apel 3 pilar tersebut akan pentingnya deteksi dini dalam masalah keamanan dan ketertiban, potensi radikalisme serta terorisme juga deteksi dini dan pencegahan terjadi atau bertambahnya angka kemiskinan terlebih kemiskinan ekstrim di Kabupaten Jepara.

Baca juga:  Peringati HUT Bhayangkara ke-78, Polres Jepara Gelar Bhayangkara Kartini Run

“Kita harus berupaya agar potensi gangguan keamanan, ketertiban, gangguan terorisme serta potensi yang menyebabkan angka kemiskinan terlebih kemiskinan ektrim akan bertambah, maka dengan apel tiga pilar ini merupakan mementum yang sangat baik, untuk menambah bekal dan motivasi para Petinggi, Babinkamtibmas serta Babinsa di setiap desa di Kabupaten Jepara,” ucap Agus Sutisna. (cr2/gih)