Pati  

Parkir Depan Kantor Dinkes Pati Semrawut

parkir di depan Kantor Dinas Kabupaten Pati
PANTAUAN: Kondisi parkir di depan Kantor Dinas Kabupaten Pati, Rabu (5/7). (LUTHFI MAJID/JOGLO JATENG)

PATI, Joglo Jateng – Persoalan parkir di kawasan Pati Kota masih belum terselesaikan hingga saat ini. Salah satunya parkir di sepanjang ruas jalan Pahlawan Diponegoro.

Berdasarkan pantauan Joglo Jateng pada Rabu (5/7), dari Simpang 4 Puri hingga lampu merah Kalidoro ada beberapa titik parkir di badan jalan. Yang paling padat yakni parkir di depan Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Pati.

Puluhan kendaraan parkir di Depan DKK Pati sampai sepanjang 10 meteran. Nampak pula kendaraan dengan plat merah parkir di bahu jalan milik provinsi tersebut.

Salah satu pengendara, Anto (33) mengaku heran saat melintas di jalan tersebut. Sebab dirinya sering melihat banyaknya kendaraan yang parkir sembarangan. Bahkan hingga dua lapis kendaraaan.

Baca juga:  Surat Suara di Sejumlah TPS di Pati Sempat Kurang

“Parkir seenaknya itu. Yang paling sering itu di depan Dinkes. Pas siang biasanya. Sampai dua kendaraan yang berjejer di sana itu. Padahal itu jalur cepat,” keluh dia, Rabu (5/7/23).

Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian dan Operasional (Dalops) Dinas Perhubungan (Dishub) Pati Nita Agusningtyas mengaku pihaknya telah berkomunikasi dengan Dinas Perhubungan Provinsi terkait parkir di jalur tersebut. Namun hingga kini belum menemukan solusi.

“Jalan Diponegoro kewenangannya dibawah provinsi. Kami sudah koordinasi dengan Balai Sarpras Perhubungan Provinsi. Karena belum ada solusi untuk lokasi parkir alternatif, jadi diimbau untuk parkir satu lajur,” jawab Nita.

Baca juga:  Siswa MA Salafiyah Kajen Ciptakan Alat Cek Sel Darah Putih

Pihaknya menjelaskan bahwa ada sanksi bagi yang parkir sembarangan. Yakni yang diatur didalam Undang-undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ).

“Sanksi bagi setiap orang yang melakukan kegiatan yang mengakibatkan terganggunya fungsi jalan. Dalam hal ini perlu didalami dan dikoordinasikan dengan Satlantas sebagai instansi yang berwenang memberikan tindakan sanksi terhadap pelanggaran tersebut,” jelas dia.

Di sisi lain, Kaor Bin Ops (KBO) Satlantas Polresta Pati, Ipda Muslimin mengatakan pihaknya perlu berkomunikasi dengan pihak Dishub terkait hal itu. “Terkait pengelolaan parkir menjadi leading sektornya Dishub. Barangkali perlu dibicarakan di Forum LLAJ Kabupaten Pati,” sambung Muslimin.

Baca juga:  Wapres Ingatkan Jaga Persatuan Umat Hadapi Tantangan Pemilu

Saat dikonfirmasi terkait hal itu, Kepala DKK Pati, Aviani Tritanti Venusia mengklaim parkir di depan kantornya hanya satu lajur. Pihaknya juga tak punya solusi terkait area yang bisa digunakan untuk parkir.

“Ada masukan, dimana bangun tempat parkirnya?. Selama masih parkir 1 lapis, ya gak semrawut kok,” jawab Aviani melalui pesan singkat. (lut/fat)