Jepara  

585 Meter Jalan di Desa Damarwulan Dicor Mulus TNI dan Pemkab Jepara

RESMI: Serah terima dokumen pelaksanaan TMMD dari Sekda Jepara Edy Sujatmiko kepada Komandan Kodim (Dandim) Letkol Inf Mokhamad Husnur Rofiq di Desa Damarwulan, Kecamatan Keling, Rabu (12/7). (ISTIMEWA/JOGLO JATENG)

JEPARA, Joglo Jateng – Sepanjang 585 Meter jalan di Desa Damarwulan, Kecamatan Keling, jadi sasaran pengecoran oleh TNI dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara. Kolaborasi tersebut sebagai bentuk perwujudan pengabdian kepada masyarakat.

Pengecoran yang dilaksanakan melalui Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II Tahun 2023, serta Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Jepara dan Provinsi Jawa Tengah (Jateng) itu resmi dimulai 12 Juli sampai 10 Agustus 2023.

Penjabat (Pj) Bupati Jepara, Edy Supriyanta yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Jepara, Edy Sujatmiko menyampaikan, salah satu langkah merawat kegotongroyongan dan mengatasi masalah kebangsaan, di antaranya dengan TMMD.

Baca juga:  Pj Bupati Jepara Ajak Masyarakat Jaga Kerukunan

“Salah satu problem yang sulit dijamah dan beberapa kali membesar ada di desa. Sehingga, melalui TMMD akan melibatkan masyarakat setempat. Hasilnya setelah 30 hari, rasa sosial dan semangat gotong royong perlahan bangkit,” papar Edy kepada Joglo Jateng, Rabu (12/7) pagi.

Pada kesempatan itu, terdapat penandatanganan dokumen serah terima kegiatan dari Pemkab Jepara ke Kodim 0719/Jepara. Sekda Jepara dan Komandan Kodim (Dandim) Letkol Inf Mokhamad Husnur Rofiq, bersama melakukan penandatanganan.

APRESIASI: Sejumlah perwakilan masyarakat meramaikan pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2023, di Desa Damarwulan, Kecamatan Keling, Rabu (12/7).

Kegiatan yang akan dilakukan selama TMMD Damarwulan adalah pengecoran jalan rabat beton sepanjang 263 meter dengan lebar 3 meter, bantuan dari APBD Provinsi Jawa Tengah. Juga pengecoran jalan rabat beton sepanjang 322 meter dengan lebar 3 meter dari APBD Kabupaten Jepara.

Baca juga:  Forkopimda Jepara Sepakat Wujudkan Pemilu Damai

Selain jalan, kata Edy, dilaksanakan pula perbaikan terhadap empat rumah tidak layak huni (RTLH). Sehingga, masyarakat atau pemilik rumah dapat hidup dengan layak (nyaman).

Lebih lanjut, pembukaan ditandai dengan penyerahan alat kerja dan pemukulan kentongan oleh Sekda Jepara, bersama Letkol. Inf. Mokhammad Husnur Rofiq dan Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan. Ikut hadir Plt Ketua DPRD Jepara Masykuri, Ketua Pengadilan Agama Hendi Rustandi dan pimpinan perangkat daerah lain.

“Upacara pembukaan TMMD ini juga diwarnai dengan penyerahan sejumlah bantuan kepada masyarakat, baik perorangan maupun lembaga. Kegiatan juga diisi pementasan siswa-siswi Desa Damarwulan,” terang Letkol. Inf. Mokhammad Husnur Rofiq.

Baca juga:  Pj Bupati Jepara Waspadai 4 Bencana Risiko Tinggi

Kemudian, pihaknya juga berharap, agar TMMD berjalan lancar dan hasilnya bermanfaat bagi masyarakat umum, khususnya warga desa Damarwulan. Sehingga, mobilitas pendidikan, ekonomi dan sosial masyarakat terjaga dengan baik.

“Jalan itu meski di bawah, namun sangat membantu mobilitas warga dan masyarakat yang ada. Tanpa jalan yang baik, bahan pangan terhambat, mau sekolah telat, dan masih banyak lagi,” pungkasnya. (cr2/gih/adv)