Tumbuhkan Karakter Pelajar Pancasila lewat Program Galantin

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMP N 39 Semarang
SUASANA: Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMP N 39 Semarang, Kamis (20/7/23). (LU'LUIL MAKNUN/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Dalam upaya menumbuhkan karakter Pelajar Pancasila Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMP N 39 Semarang menggalakkan literasi melalui program Galantin (Spegalan Buletin). Sebanyak 288 peserta didik baru yang terbagi menjadi 9 rombel duduk rapi berjejer di Aula Sekolah. Mereka mendengar pemaparan dari beragam narasumber, di antaranya dari Unicef hingga dari jurnalis.

Ketua Panitia MPLS SMP N 39 Semarang Fendyka Novan Ulfiansyah mengatakan tema yang diambil pada MPLS kali ini adalah Melalui Pengenalan Lingkungan Sekolah Kita Kuatkan Akhlak dan Karakter Positif Untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.

Selamat Idulfitri 2024

“Tujuannya menghasilkan karakter-karakter yang baik untuk siswa yang menyimbolkan Profil Pelajar Pancasila,” kata Fendy saat ditemui di SMP N 39 Semarang, Kamis (20/7).

Baca juga:  Turun 0,1 Persen, PPKBD Jadi Ujung Tombak Penurunan Stunting

Diharapkan peserta didik mempunyai wawawasan global, mampu berkolaborasi, gotong royong, beriman, bertakwa, mandiri, dan bernalar kritis. Pihak sekolah juga membebaskan anak untuk mengembangkan bakat dan minatnya melalui ekstrakurikuler.

“Kita memang mengedepankan Merdeka Belajar bagi siswa. Mereka bebas berekspresi dan sekolah memberikan wadah,” akunya.

Diharapkan cara ini dapat memantik motivasi peserta didik untuk aktif melakukan peliputan, wawancara, dan menulis kegiatan sekolah yang dituangkan dalam buletin. Sehingga program pembelajaran di Spegalan tidak hanya diketahui di lingkungan sekolah. Tapi juga masyarakat luas.

“Ini salah satu stimulusnya, kita punya program buletin karena covid kemarin sempat mandek. Nah, output-nya program ini akan kita kembangkan kembali,” pungkasnya. (luk/mg4)