SD Cahaya Nur Gelar MPLS dengan Tekankan Lingkungan Hidup

siswa baru SD cahaya Nur sedang menjalani rangkaian kegiatan MPLS
ASIK: Tampak para siswa baru SD cahaya Nur sedang menjalani rangkaian kegiatan MPLS pada tahun ajaran 2023/2024, belum lama ini. (GALANG WITAHTA/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng – Sekolah Dasar (SD) Cahaya Nur pada awal tahun ajaran 2023/2024 kembali menggelar Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi peserta didik baru. Agenda tersebut berlangsung sejak Senin (17/7) hingga Kamis (20/7) lalu.

Kepala SD Cahaya Nur, Nanik Doso Arum melalui guru kelas 1, Amelia Cesarani Purwaningrum menyampaikan, agenda MPLS merupakan kegiatan rutin yang dihelat setiap awal tahun ajaran baru. Kegiatan ini dimaksudkan untuk menyambut sekaligus memperkenalkan lingkungan sekolah kepada siswa baru.

Selamat Idulfitri 2024

“Pada MPLS tahun ajaran ini kami mengambil tema “Loving the earth for the future” tema tersebut kami harapkan agar siswa dapat lebih mencintai lingkungan hidup. Terutama lingkungan sekitarnya,” ungkapnya.

Baca juga:  Semarak Tradisi Bulusan, Suguhkan Kirab Gunungan Hingga Beri Makan Bulus

Dirinya dengan tegas menjamin bahwa pelaksanaan MPLS di sekolahnya tidak ada unsur-unsur yang berbau kekerasan baik fisik maupun non fisik. Pada kesempatan itu, mereka membuat kelompok yang terdiri dari campuran siswa kelas 1 dan 6.

“Kami membuat kelompok. Kalau kita biasanya menyebut dengan istilah link. Jadi ada 15 link yang berisikan campuran siswa kelas 1 sampai 6. Untuk siswa kelas 5 dan 6 itu akan bertugas mendampingi adik-adik kelasnya untuk menjalankan kegiatan yang telah disusun,” terangnya.

Pada agenda rutinan itu, pihaknya menyusun materi untuk siswa baru yang  dikemas dengan beberapa kegiatan yang inovatif dan menarik. Diantaranya, materi soal pemilahan sampah, memilah sampah antar link, permainan, hingga menanam pohon.

Baca juga:  Pemdes Ngembalrejo Kelola BUMDes dengan Sewa Kios

Amel berharap, peserta didik baru memiliki semangat belajar yang tinggi, beserta daya juang yang tak kenal lelah. Tak hanya itu, dia pun menginginkan pelajar untuk dapat beradaptasi dan berinteraksi dengan sekitar secara baik.

“Semoga siswa semakin cinta lingkungan sekitar, mandiri, bertanggung jawab, semangat belajar dan dapat berbaur dengan teman dan kakak kelas nya,” harapnya. (cr3/fat)