Pemkot Yogyakarta Galakkan Bank Sampah Khusus untuk Pengelolaan Mandiri

KONDISI: Salah satu bank sampah khusus di area Bali Kota Yogyakarta, Senin (7/8/23). (RIZKY ADRI KURNIADHANI/JOGLO JOGJA)

KOTA, Joglo Jogja – Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta akan menggalakan pembentukan bank sampah khusus. Hal itu dikukan untuk mendorong pengelolaan sampah secara mandiri sehingga bisa terus mengurangi volume sampah yang dibawa ke Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Piyungan.

Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Kapasitas Lingkungan Hidup DLH Kota Yogyakarta, Christina Endang Setyowati mengatakan, bank sampah khusus berada di luar unit rukun warga (RW). Misalnya di perkantoran, perhotelan, industri, sekolah, dan perguruan tinggi.

“Sebenarnya bank sampah khusus bukan seperti di bank sampah di RW. Bank sampah khusus itu bagaimana tiap instansi mengelola sampah secara mandiri,” ungkapnya, Senin (7/8/23)

Baca juga:  Bahaya Penyakit Leptospirosis, Masyarakat Diimbau Lakukan PHBS

Ia menambahkan, selama ini bank sampah khusus itu sudah ada di Kota Yogyakarta. Misalnya, Sekolah Adiwiyata yang wajib mengolah sampahnya sendiri, serta lingkungan perkantoran seperti Bali Kota yang telah melakukan pengolahan sampah secara mandiri.

“Model bank sampah khusus itu seperti pengelolaan sampah mandiri di Balai Kota Yogyakarta. Ada pengelolaan sampah mandiri sampah organik, anorganik, dan penyalurannya,” paparnya.

Christina menjelaskan, untuk bank sampah di sekolah konsepnya seperti bank sampah di lingkungan RW. Yakni ada nasabah bank sampah, pencatatan, dan penyaluran. Namun bedanya nasabah bank sampah di sekolah ada di setiap kelas, ruang sekolah, serta kantin.

Baca juga:  Sri Sultan Tekankan Pejabat Baru Mampu Manfaatkan Momentum

“Di bulan Mei sampai Juni, kami sudah ke lapangan untuk mengidentifikasi bank sampah khusus itu secara sampling. Kami identifikasi terkait mekanisme pengelolaan sampahnya, jika penyaluran sampah ada kerja sama dengan pihak lain model kerja samanya seperti apa. Harapannya nanti tiap bulan kami mendapat laporan sampah yang dikelola berapa,” jelasnya.

Terpisah, Sekretaris Daerah Pemkot Yogyakarta Aman Yuriadijaya yang juga Ketua Forum Bank Sampah Kota Yogyakarta menyatakan sedang mengidentifikasi rencana pembentukan bank sampah khusus. Pihaknya akan segera melakukan pembentukan bank sampah khusus sebagai bagian dari bank sampah secara keseluruhan.

Baca juga:  DP3AP2KB Sleman Berkomitmen Penuhi Hak Anak

“Kita minta menggunakan prosedur yang diterapkan di bank sampah. Mengelola sampah anorganik, organik dan residunya. Kita akan segera melakukan pembentukan bank sampah khusus sebagai bagian dari bank sampah secara keseluruhan,” pungkasnya. (riz/mg4)