Dinas Pariwisata Bantul Usulkan Penambahan Tenaga Kebersihan Pantai

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul Kwintarto Heru Prabowo
Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul Kwintarto Heru Prabowo. (MUHAMMAD ABU YUSUF AL BAKRY/JOGLO JOGJA)

BANTUL, Joglo Jogja – Dalam upaya mengatasi permasalahan sampah yang muncul di kawasan wisata pantai, Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul telah mengusulkan penambahan petugas kebersihan. Hal ini untuk mencegah terjadinya persoalan lebih serius dalam situasi darurat sampah.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul Kwintarto Heru Prabowo mengungkapkan, selama dua bulan masa darurat sampah, pihaknya telah mengajukan usulan untuk menambah alat pengolahan sampah dan petugas kebersihan. Dengan potensi mampu memunculkan 20 petugas kebersihan tambahan.

“Dari jumlah itu, 10 petugas akan ditempatkan di wilayah wisata pantai sisi timur, termasuk Pantai Parangtritis dan Depok. Sedangkan, 10 petugas lainnya di pantai sisi barat, meliputi Pantai Gua Cemara hingga Pantai Pandansimo,” ungkapnya.

Baca juga:  Mentan Beri Ruang Caleg Kampanye, Bawaslu Sebut Ada Unsur Pelanggaran

Adapun tugas utama para petugas kebersihan ini, untuk melakukan pemilahan sampah. Yaitu, sampah organik akan ditanam, sementara sampah non organik seperti botol dan plastik diambil oleh petugas, agar diolah menjadi barang bernilai ekonomi.

“Meskipun potensi timbunan sampah di kawasan wisata pantai tidak begitu signifikan selama musim kemarau ini, namun langkah-langkah proaktif tetap kami lakukan. Seperti penambahan petugas kebersihan, untuk mengatasi situasi darurat sampah,” ujarnya.

Sementara itu, sebagian besar sampah yang muncul di objek wisata pantai selama musim hujan berasal dari kiriman sungai yang bermuara di pantai. Maka, pemilahan dan pengelolaan sampah diharapkan dapat menjadi kunci mengurangi penumpukan.

Baca juga:  Lahan Pertanian Menyusut, Berupaya Pertahankan Produktivitas Pangan

“Sampah-sampah yang terlihat di beberapa pantai ini merupakan sampah sisa makanan dari warung sekitar. Jarang sekali terlihat plastik bertebaran di sekitar bibir pantai,” imbuhnya.(cr11/sam)