Pemalang Naik Klasemen pada Porprov Jateng 2023

BANGGA: Nugroho Budi Rahardjo Ketua Umum KONI Pemalang saat menilik salah satu tim cabor yang di ikuti oleh tim Porprov Kabupaten Pemalang, belum lama ini. (DOK. PRIBADI/JOGLO JATENG)

PEMALANG, Joglo Jateng – Tim Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XVI Jateng 2023 Kabupaten Pemalang berhasil meraih 8 emas, 2 perak dan 10 perunggu pada perhelatan Porprov XVI Jateng 2023 di Pati Raya pada 5-11 Agustus lalu. Dari perolehan tersebut, Kabupaten Pemalang naik klasemen pada urutan peringkat ke 24 dari 34 kabupaten/kota, dibandingkan porprov sebelumnya pada posisi 33 dari 34 kabupaten/kota.

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pemalang Nugroho Budi Rahardjo dalam sambungan telepon mengucapkan rasa syukurnya atas perolehan para atlet Pemalang pada gelaran Porprov XVI Jateng 2023. Dirinya mengaku bangga dengan 103 atlet yang berlaga di 26 cabang olahraga dari 57 cabang olahraga yang dipertandingkan.

Baca juga:  Dewan Soroti 5 Isu Penting, Sampah Jadi Terbesar

“Ini sangat luar biasa, karena kerja keras kita semua terutama tim atlet, pelatih dan Pemkab, tim porprov Pemalang bisa meraih posisi ke 24 se-Jateng. Saya harap prestasi ini bisa terus di pertahankan bahkan ditingkatkan,” ujarnya.

Kontingen Pemalang total meraih 8 emas, 2 perak dan 10 perunggu. Rinciannya yaitu cabang gulat menyumbang 3 emas, 3 perunggu; Taekwondo  2 emas, 2 perunggu; Selam menyumbang 2 emas; catur menyumbang 1 emas; Dayung perak; atletik 1 perak; Squash 2 perunggu; Karate 1 perunggu;  Tarung Derajat 1 perunggu; dan tinju 1 perunggu.

Capaian emas dari Kontingen Pemalang ini melebihi target yang telah ditentukan oleh KONI Pemalang sebanyak 5 medali emas. Serta memperbaiki posisi klasemen dari posisi 33 pada Porprov Jateng XV tahun 2918 di Solo menjadi posisi ke 24 pada Porprov Jateng XVI 2023.

Baca juga:  500 Warga Baru PSHT Dilantik

Sementara itu, Plt Bupati Pemalang Mansur Hidayat mengatakan, perolehan tersebut harus diberi apresiasi lebih oleh Pemkab. Sebab, mereka berhasil mendapatkan medali emas 400 persen lebih banyak dari Porprov XV di Solo Raya sebelumnya.

“Bukan hanya untuk para atlet, prestasi ini kabar baik untuk kita semua masyarakat Kabupaten Pemalang. Karena mereka telah berhasil membanggakan nama Pemalang di kancah provinsi sehingga harus diapresiasi, agar nantinya bisa naik peringkat ke nasional,” tuturnya. (fan/abd)