UPGRIS Sabet 7 Medali Kejurnas Silat Perisai Diri

BAHAGIA: Tujuh Mahasiswa Upgris yang berhasil borong Mendali Piala presiden RI pada ajang Kejuaraan Nasional XXVII Tahun 2023 Silat Perisai Diri Antar Perguruan Tinggi. (HUMAS/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Perisai Diri Universitas PGRI Semarang (Upgris) menyabet tujuh juara pada Kejuaraan Nasional XXVII Tahun 2023 Silat Perisai Diri Antar Perguruan Tinggi. Kompetisi itu berlangsung di Gor Pajajaran Bandung, pada 2-6 Agustus lalu.

Diketahui, Perisai Diri Upgris memperoleh 1 medali emas, 4 medali perak, serta 2 medali perunggu. Wakil Rektor III Upgris, Sapto Budoyo pun mengaku bangga dengan capaian ini.

“Patut menjadi motivasi bagi para mahasiswa baru Upgris agar jika sudah menjadi mahasiswa harus lebih giat lagi dalam berorganisasi. Banyak raihan prestasi kejuaran nasional hingga internasional. Sehingga kami terus beri dukungan untuk terus melatih soft skill serta hard skill,” tutur Sapto.

Baca juga:  Teater Gema Upgris Rayakan HUT ke-34

Adapun tujuh atlet tersebut antara lain Dedy Arif Wibowo, dari prodi pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi (PJKR) yang berhasil meraih juara 3 pada kategori beregu senjata wajib putra. Kemudian Muhammad Brian Citra Kusuma dari Prodi PJKR raih Juara 2 pada kategori solo kreatif putra (2) beregu bersenjata wajib (3).

Selanjutnya, Fadhil Raihan dari prodi informatika sebagai official, Abietya Nafila dari prodi pendidikan guru sekolah dasar (PGSD) raih juara 2 pada kategori solo kreatif putri. Berikutnya Galuh Dwi Wahyu Ningsih dari prodi managemen raih juara 1 pada kategori solospel putri.

Baca juga:  Pemkot Semarang Luncurkan Logo HUT ke-477

Lalu Muhammad Syafii dari prodi Informatika meraih juara 2 pada kategori solospel putra D. Serta Abdullah Sya’roni  dari prodi  pendidikan ekonomi raih juara 3 pada kategori beregu senjata wajib putra, dan Peter Setyawan Purnomo pada prodi PJKR meraih juara 2 pada kategori solospel putra F.

Sementara itu, Rektor Upgris Sri Suciati turut mengapresiasi atas apa yang telah diperoleh para mahasiswanya. Dirinya pun menyebut ini menjadi momen yang sangat luar biasa bagi civitas akademik UPGRIS Semarang.

“Dari semua atlet Upgris yang mengikuti semua meraih medali. Jadi ini sebuah peristiwa yang luar biasa. Pembinaan dan pelatihan UKM Perisai Diri sudah sangat baik. Terbukti semua telah tuntas meraih medali dari emas, perak, dan perunggu,” kata Suci.

Baca juga:  Sinergi Pemkot Semarang dan DPRD Kendalikan Banjir: Cegah Banjir Besar Terulang!

Sebagai informasi, kegiatan Kejurnas Silat Perisai Diri ini diadakan dalam dua tahun sekali yang pada tahun ini. Terdapat 61 kontingen dengan total 293 atlet yang turut berpartisipasi dalam memperebutkan bergilir Presiden RI. (luk/mg4)