Semarakkan HUT RI ke-78, Pemkab Sleman Gelar Lomba Permainan Tradisional

KOMPAK: Sejumlah ASN di Kabupaten Sleman mengikuti lomba permainan tradisional dalam rangkaian menyemarakkan HUT ke-78 Kemerdekaan RI yang digelar di Lapangan Pemda Sleman, Senin (14/8/23). (ADIT BAMBANG SETYAWAN/JOGLO JOGJA)

SLEMAN, Joglo Jogja – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman menggelar lomba permainan tradisional di Lapangan Pemda Sleman, Senin (14/8/23). Perlombaan itu menjadi rangkaian kegiatan menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Sleman, Agung Armawanta mengatakan, agenda ini diikuti sejumlah ASN lintas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan pegawai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Lomba permainan tradisional menjadi cara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman untuk memberikan ruang refreshing bagi ASN serta melestarikan jenis permainan tradisional.

Baca juga:  Disdukcapil Kota Yogykarta Pastikan Stok E-KTP Tercukupi Jelang Pemilu

“Lomba kali ini diikuti oleh 40 OPD atau BUMD di lingkungan Pemkab Sleman. Jumlahnya ada sekitar 680 peserta,” katanya.

Ia mengungkapkan, ada tiga jenis lomba yang dipertandingkan. Yakni lomba tarik tambang, balap bakiak, dan senam kreasi. Lomba itu, bertujuan untuk melestarikan olahraga tradisional. Juga untuk memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat.

“Lomba olahraga permainan tradisional ini untuk melestarikan kegiatan jenis olahraga tradisional, juga sebagai ruang refreshing bagi ASN. Jadi dalam rangka menyambut HUT kemerdekaan ke-78 RI, kita menggembirakan, menyemarakkan dengan berolahraga. Bukan hanya masyarakat, Pemda juga ikut berolahraga,” paparnya.

Baca juga:  Dukung Kreativitas, Pamerkan Karya Tari Bagi Siswa

Berdasarkan pantauan Wartawan Joglo Jogja memang, sejak pagi, suasana di lapangan Pemda Sleman terdengar riuh. Sejumlah ASN berkerumun di seputar arena permainan. Mereka bersorak-sorai, bergembira dan memberi semangat tim yang bertanding.

Bahkan tampak, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sleman Haris Sugiharta dan Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa turut terjun langsung bertanding tarik tambang. Danang satu tim bersama sejumlah Pejabat Pemkab Sleman, dalam pertandingan eksibisi, melawan tim DPRD Sleman yang dikomandoi Ketua DPRD Sleman, Haris Sugiharta.

Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa mengaku senang dapat berpartisipasi dan menyemarakkan perlombaan tersebut. Danang menyebut kegiatan lomba- lomba itu, merupakan sarana untuk memupuk kekompakan dan menumbuhkan semangat golong gilig bagi ASN di Pemkab Sleman.

Baca juga:  JJLS Potensial untuk Perkembangan Kerajinan

“Dengan semangat kebersamaan ini, diharapkan dapat berdampak positif pada kinerja seluruh ASN dalam memajukan Sleman di berbagai bidang. Tak hanya itu, lomba-lomba ini dapat meningkatkan kekompakan sekaligus menjadi sarana penyegaran dari rutinitas pekerjaan sehari-hari,” pungkasnya. (bam/mg4)