Jepara  

12 Parpol Terima Banpol, PPP Jepara Paling Tinggi

Kepala Bakesbangpol Jepara, Lukito Sudiasmoro
Kepala Bakesbangpol Jepara, Lukito Sudiasmoro. (MUHAMMAD AGUNG PRAYOGA/JOGLO JATENG)

JEPARA, Joglo Jateng – Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 sebentar lagi berlangsung. Sejumlah partai politik (Parpol) bakal memperoleh suntikan dana dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Jepara untuk pendidikan politik. Total nominalnya tembus Rp 1 miliar.

Kepala Bakesbangpol Jepara, Lukito Sudiasmoro menyampaikan, sejumlah parpol berhak menerima bantuan politik (Banpol) agar menjaga kemandirian parpol itu sendiri. Namun, pihaknya mengingatkan agar melaksanakan program utama. Yaitu pendidkan poltik.

“Banpol diberikan sebagai upaya menjaga kemandirian parpol itu sendiri, karena eksistensi parpol penting bagi keberlangsungan demokrasi di Indonesia, khususnya Jepara. Meski begitu, perlu diingat bahwa program utama dari banpol diperuntukkan pendidikan politik bagi kadernya,” papar Lukito kepada Joglo Jateng.

Baca juga:  Kerja Sama dengan Perhutani, Pemkab Jepara Manfaatkan Lahan Seluas 5.027 Hektare

Terkait besaran, Kepala Sub Bidang (Kasubbid) Politik Bakesbangpol Jepara, Rohyadi menyampaikan, setidaknya terdapat 12 Parpol yang menerima banpol. Mereka adalah PPP, Nasdem, PKS, PDI Perjuangan, Demokrat, PKB, Perindo, PAN, Golkar, Berkarya, Gerindra, dan Hanura.

Pembagian variatif, hal tersebut kata dia, sudah diatur. Yakni berdasarkan Peraturan Kementerian Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 78 Tahun 2020 perubahan atas Permendagri Nomor 36 Tahun 2018 Tentang Tata Cara Penghitungan, Penganggaran dalam APBD dan Tertib Administrasi Pengajuan, Penyaluran dan Laporan Pertanggung Jawaban Penggunaan Bantuan Keuangan Partai Politik.

Baca juga:  Guz Haiz Minta Pemerintah Atur Regulasi untuk E-commerce Baru

“Salah satu faktornya ialah perolehan surat suara sewaktu Pemilihan Legisltif (Pileg) Jepara 2019 lalu. Kemudian juga kemampuan daerah, dalam hal ini Anggaran Pendapatan Daerah (APD). Sedikitnya, per suara diberi nominal Rp. 1.830,- dikalikan jumlah perolehan,” terang Rohyadi.

Berangkat dari Permendagri, maka total Banpol sebesar Rp 1.217.669.190 anggaran tersebut bakal dibagikan kepada 12 Parpol di Jepara dengan nominal berbeda-beda.

Soal pencarian diperkirakan pada Oktober 2023, dengan regulasi yang telah ditentukan oleh Kemendagri maupun Bakesbangpol Jepara. Sementara pada 2024, nominal banpol akan membengkak mencapai Rp 3.000 per suara. (cr2/fat)

Baca juga:  DP3AP2KB Jepara Minta Orang Tua Awasi Anak saat Libur Sekolah