Pati  

Pramuka Diharapkan Jadi Penjaga Persatuan di Tahun Politik

MERIAH: Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro saat memberikan sambutan saat acara Upacara Hari Pramuka ke-62 di Lapangan Desa Purworejo Kecamatan Margoyoso, Senin (14/8/2023). (HUMAS/JOGLO JATENG)

PATI, Joglo Jateng – Upacara Perayaan Hari Pramuka ke-62 digelar di Lapangan Desa Purworejo, Kecamatan Margoyoso. Acara ini dihadiri oleh Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro.

Dalam sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka yang dibacakan oleh Pj Bupati Pati, disebutkan bahwa Pramuka dapat terus maju dan berkembang serta berkiprah untuk membantu masyarakat. Selain itu juga untuk mendukung program pemerintahan dan menangani pendidikan non formal dalam pembentukan karakter.

Selamat Idulfitri 2024

Pernyataan tersebut dianggap sejalan dengan tema peringatan Hari Pramuka ke-62. Yaitu mewujudkan Pramuka dengan sumber daya manusia profesional dan proporsional yang berwawasan kebangsaan.

Baca juga:  Pasar Murah Pati: Membantu Masyarakat, Tak Pengaruhi Harga Sembako

Menurut Henggar, wawasan kebangsaan menjadi sangat penting agar nilai-nilai kebangsaan tidak luntur. Sekaligus tetap penanaman nasionalisme, cinta tanah air dan semangat bela negara juga perlu ditingkatkan.

“Perilaku tersebut dapat tercermin melalui hal-hal yang diajarkan dalam gerakan Pramuka. Terlebih kita akan memasuki tahun politik, Pramuka menjadi pioneer dan harus menjadi garda terdepan untuk tetap menjaga kesatuan” ungkapnya.

Henggar menjelaskan tentang isu penting dalam peringatan Hari Pramuka tahun ini. Yakni soal jumlah sumber daya manusia yang ada di gerakan Pramuka yang masih terbatas.

Baca juga:  600 PPPK Terima SK

“Khususnya para pembina Pramuka dan pelatih pembina Pramuka masih sangat terbatas. Oleh karena itu, perlu ada peningkatan jumlah dan kualitas pembina serta pelatih pembina Pramuka,” imbuhnya.

Henggar juga menyampaikan ucapan Hari Pramuka dan ucapan terima kasih kepada para orang tua yang telah mendukung anaknya mengikuti gerakan pramuka. Sehingga kegiatan kepramukaan dapat terus berlanjut.

“Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada para orang tua yang telah mempercayakan anak-anaknya untuk dididik dalam gerakan Pramuka serta masyarakat yang telah mendukung terus kegiatan-kegiatan kepramukaan,” tandasnya. (lut/fat)