Jepara  

Minimalisir Dampak Kekeringan, Polres Jepara Salurkan 25 Ribu Liter Air

BANTU: Anggota Polres Jepara saat menyalurkan bantuan air berseih kepada wakrga yang membutuhkan untuk meminimlisir kekeringan, belum lama ini. (ISTIMEWA/JOGLO JATENG)

JEPARA, Joglo Jateng – Sejumlah wilayah di Kabupaten Jepara mengalami kekeringan. Merespon hal itu, Kepolisian Resor (Polres) Jepara menyalurkan 25.000 liter air bersih ke Desa Clering dan Desa Sumber Rejo, Kecamatan Donorojo.

Pada kesempatan itu, setidaknya terdapat lima kendaraan yang mengangkut air bersih. Masing-masing yaitu empat mobil tanki dan satu satu kendaraan dinas Armored Water Canon (AWC) menuju kedua desa tersebut.

Kapolres Jepara, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan memaparkan, penyaluran air ini sebagai bentuk kepedulian Polri terhadap masyarakat yang membutuhkan. Hal itu ia sampaikan sewaktu Bakti Sosial (Baksos) Quick Wins Presisi.

Baca juga:  DP3AP2KB Jepara Minta Orang Tua Awasi Anak saat Libur Sekolah

“Terdapat beragam wilayah yang mengalami kekeringan. Sehingga, untuk meminimalisir dampak El-Nino, Polres Jepara bantu air bersih supaya bermanfaat bagi masyarakat,” papar AKBP Wahyu kepada Joglo Jateng.

Tidak hanya itu, demi keberlangsungan air bersih yang berkelindan, pihaknya telah melaksanakan survey untuk pembuatan sumur bor. Pasalnya, daerah Clering dan Sumber Rejo airnya dalam kondisi asin, bukan tawar.

Atas bantuan yang disalurkan Polres Jepara, Kepala Desa Clering, Ahmad Nasuri menyampaikan terimakasih. Sebab, kehadiran air bersih akan membantu warga sekitar, termasuk Sumber Rejo.

“Jadi di sini ada RT 3 dan RT 6 sebanyak 142 Kartu Keluarga (KK), kemudian RT 5 dan RT 4 ada 135 KK. Mereka berduyun-duyun menghampiri air bersih bantuan yang diberikan pak Kapolres Jepara, terimakasih,” ujar dia.

Baca juga:  DPRD Jepara Rencanakan Perda Ketahanan Keluarga

Sebelumnya, Polres Jepara juga membagikan 150 paket sembako kepada kedua desa tersebut. Adapun, warga desa yang mengantre sekaligus mengambil bantuan air bersih. Ditambah, Polres Jepara melalui Seksi Kedokteran dan Kesehatan Kepolisian (Sidokkes) melakukan pengecekkan kesehatan dan membagikan obat gratis kepada warga desa setempat. (cr2/fat)