Pemkot Yogyakarta Bagikan 10 Juta Bendera Merah Putih

CINTA TANAH AIR: Anggota Satpol PP Kota Kogyakarta membawa bendera di Tugu Pal Putih, belum lama ini. (HUMAS/JOGLO JOGJA)

KOTA, Joglo Jogja – Semarakkan Gerakan Nasional, Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta membagikan 10 juta bendera merah putih di Kawasan Tugu Pal Putih. Hal ini dilakukan dalam rangkaian memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Yogyakarta, Widiyastuti mengatakan, gerakan pembagian 10 juta bendera itu sudah dilakukan hampir selama tiga bulan. Yakni sejak 1 Juni dan berakhir pada Agustus.

“Untuk di Kota Yogyakarta pembagian bendera sudah diawali pada peringatan Hari Lahir Pancasila. Kemudian di tanggal 10 Juni sebanyak 1.500 bendera. Saat Parade Seni Budaya Lintas Etnis, kami juga bagikan ke perwakilan tokoh-tokoh dari berabagai etnis,” ungkapnya di Tugu Pal Putih, belum lama ini.

Baca juga:  Ketua DPRD Sleman Serahkan Bantuan Meja Tenis di Sokomarto

Ia menambahkan, pada 4 Juli juga dibagikan bendera di Titik Nol Km Kota Yogyakarta. Puncaknya pada Rabu (16/8) di Kawasan Tugu, di bagikan 3.000 bendera. BUMD Kota Yogyakarta juga ikut mendukung dan melakukan gerakan ini secara mandiri.

SAPA PENGENDARA: Pembagian bendera merah putih di Tugu Pal Putih, belum lama ini.

Widiyastuti menambahkan, tujuan dari pembagian bendera adalah untuk membangkitkan semangat nasionalisme masyarakat Kota Yogyakarta. Juga sebagai bagian dari rangkaian peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Merah putih itu harus ada di setiap langkah, gerak, dan pikir kita,” tambahnya.

Sementara itu Kepala Satuan (Kasat) Polisi Pamong Praja Kota Yogyakarta, Octo Noor Arafat mengungkapkan, gerakan pembagian bendera tersebut tidak hanya dilakukan perangkat daerah. Namun juga melibatkan organisasi kemasyarakatan.

Baca juga:  Luas Areal Tanam Padi di Bantul Diperkirakan Menyusut

“Titik pembagiannya ada di Kawasan Tugu Golong Gilig mulai dari Jalan Jendral Sudirman, Pangeran Diponegoro, dan Mangkubumi. (Diberikan, Red.) kepada masyarakat sekitar juga pengendara kendaraan bermotor yang melintas,” ujarnya. (riz/mg4)