Tunjukkan Semangat Pembangunan, Mahasiswa KKN UIN MIT-16 UIN Walisongo Posko 36 Ikuti BBGRM

PARTISIPASI: Mahasiswa KKN UIN MIT-16 UIN Walisongo Posko 36 ikut serta dalam kegiatan BBGRM di Kelurahan Kedungmundu, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, Minggu (13/8/2023). (DOK. PRIBADI/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Kelurahan Kedungmundu, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang menyelenggarakan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) di RW 07 Puri Gemah Sentosa, pada Minggu (13/8/2023).

BBGRM merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan untuk menumbuhkembangkan semangat gotong royong dan peran aktif masyarakat dalam pembangunan. Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Kelurahan Kedungmundu, Dewi.

Tahun ini, BBGRM dihadiri oleh Camat Tembalang, Kapolsek, Danramil Tembalang, TP PKK Kecamatan Tembalang, Lurah Kedungmundu beserta staff, perwakilan guru dan siswa SD negeri di Kedungmundu serta SMP Negeri 29 Semarang, mahasiswa KKN UIN MIT-16 UIN Walisongo Posko 36, mahasiswa KKN USM XXII, serta warga Kedungmundu umumnya.

Baca juga:  REZtricted Rooftop Lounge: Destinasi Kuliner Baru dengan Sajian Argentina di Semarang

Serangkaian kegiatan BBGRM 2023 diawali dengan senam bersama, tarian khas Semarang dari siswa SMP 29, paduan suara dari PKK RW 07.

Ada juga pasar murah; pemeriksaan kesehatan oleh Primaya Hospital, Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus), dan Puskesmas Kelurahan Kedungmundu; serta pembagian sembako untuk warga kurang mampu dan penyandang disabilitas.

Digelar juga bazar UMKM untuk menggeliatkan perekonomian, kemudian ditutup dengan hiburan solo organ serta foto bersama dengan mahasiswa KKN MIT-16 Posko 36 dan KKN USM XXII.

Lurah Kedungmundu Jumadi yang juga hadir dalam acara ini berharap, BBGRM bisa sukses terselenggara.

Baca juga:  Asah Mahasiswa Hidup Bermasyarakat, UIN Walisongo Gelar Pembekalan KKN

“Melalui kegiatan BBGRM ini saya berharap dapat meningkatkan nilai gotong royong sebagai kepribadian bangsa serta kerja sama warga Kedungmundu sebagai wujud kontribusi dalam memajukan Kelurahan Kedungmundu dan mempererat nilai kekeluargaan,” jelasnya.

Diadakanya kegiatan ekonomi seperti pasar murah dan bazar UMKM ini, kata Jumadi, menjadi kontribusi masyarakat dalam pengoptimalan serta pemerataan perekonomian di Kelurahan Kedungmundu.

Aura, anggota KKN UIN Walisongo mengaku senang dan bangga dengan adanya kegiatan ini. Ia berharap agar warga selalu guyub rukun.

“Acara BBGRM ini menarik sekali dan meriah. Karena gotong adalah kerja sama khas Indonesia. Serta dengan adanya acara ini bisa mempererat tali kekeluargaan antarRW karena memang dihadiri oleh seluruh warga Kedungmundu. Adanya pasar murah yang terjangkau sangat membantu bagi semuanya,” ucap Aura. (*/mg4)