Napi Rutan Kelas II B Pemalang Diberi Pelatihan Menjahit

ANTUSIAS: Proses menjahit sarung bantal yang dilakukan oleh salah satu peserta napi di Rutan Kelas II B Pemalang, belum lama ini. (UFAN FAUDHIL/JOGLO JATENG)

PEMALANG, Joglo Jateng – Dalam rangka pembinaan, Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Pemalang memberikan pelatihan menjahit kepada para narapidana (napi) yang ditahan di tempat mereka. Kegiatan yang akan dilaksanakan pada dua sesi ini diharapkan dapat menjadi salah satu bekal keahlian para napi ketika telah bebas dari masa hukuman.

Kepala Rutan Kelas II B Pemalang Sumaryo mengatakan, kegiatan pelatihan ini berkolaborasi dengan lembaga pelatihan menjahit setempat untuk membina para tahanan, sehingga mereka mampu mempunyai keahlian setelah bebas nantinya. Rencananya, setiap sesi pelatihan diadakan selama sepekan dan semua napi mendapatkan giliran untuk melatih skill mereka.

Baca juga:  Lestarikan Lingkungan dengan Tanam 750 Pohon

“Pelatihan ini bentuk kepedulian kita untuk mereka. Setelah mendapatkan hukuman, pastinya mereka akan bebas di masyarakat. Jadi skill menjahit ini bisa digunakan untuk bekerja. Masing-masing peserta juga akan mendapatkan sertifikat keahlian sebagai tanda mereka pernah berlatih dan punya skill mumpuni,” ujarnya.

Ia menjelaskan, pelatihan ini bisa dilaksanakan atas sinergitas Rutan bersama Dinas Pendidikan untuk memberikan pelatihan menjahit kepada warga binaan. Total peserta di setiap sesi berjumlah 25 orang. Dengan jumlah napi lebih dari 200 orang, maka pihaknya melaksanakan pelatihan secara bergantian.

Baca juga:  Gelora Politik Pemalang Makin Memanas

Selain pelatihan menjahit, di Rutan Kelas II B Pemalang juga memberikan pelatihan pembuatan kerajinan tangan lainnya. Salah satunya pembuatan miniatur perahu dari bambu dan bahan bekas lainnya.

“Seluruh kegiatan tersebut kita laksanakan sebagai bekal mereka untuk bisa kembali ke masyarakat setelah menjalani masa hukuman. Dengan keahlian yang beragam itu, diharapkan mereka tidak kembali melakukan kegiatan yang melanggar hukum,” ujarnya. (fan/abd)