Polrestabes Semarang Imbau Masyarakat Patuhi Pemberlakuan Satu Arah di Jalan Veteran

AKTIVITAS: Sejumlah petugas dari Dinas Perhubungan Kota Semarang dan Satlantas Polrestabes Semarang saat melakukan pemindahan alat pembatas jalan di Jalan Veteran Semarang, belum lama ini. (FADILA INTAN QUDSTIA/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Pada Jumat (18/8) siang lalu, Satuan Lalu Lintas Polrestabes Semarang (Satlantas) bersama Dinas Perhubungan secara resmi memberlakukan secara permanen Sistem Satu Arah (SSA) di Jalan Veteran Semarang. Dengan begitu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat atau pengguna jalan untuk mematuhi aturan baru tersebut.

Kasatlantas Polrestabes Semarang, AKBP Yunaldi mengukapkan, rencana penerapan aturan ini sudah disosialisasikan kepada pengguna jalan. Pihaknya juga sudah melakukan rapat bersama Dishub Kota Semarang sejak Februari lalu.

Ia mengungkapkan, jalan tersebut banyak dilintasi oleh pengguna jalan. Sehingga, diperlukan rekayasa lalu lintas agar lalu lintas berjalan lancar dan membuat nyaman masyarakat.

Baca juga:  Angka Kemiskinan di Jawa Tengah Turun ke 10,47 Persen, Terendah Sepanjang Sejarah!

“Jadi kita ingatkan kepada masyarakat, kita pastikan ini adalah untuk memperlancar arus lalu lintas. Jadi saya imbau agar masyarakat mematuhi rambu-rambu lalu lintas yang dipasang dan patuhi itu,” ungkapnya kepada Joglo Jateng.

Lebih lanjut, dirinya juga menegaskan kepada pengguna jalan untuk tidak melawan arus. Hal itu lantaran, sangat membahayakan pengguna jalan lainnya. Bagi masyarakat yang melanggar, akan dilakukan penindakan secara tegas dengan menggunakan sistem electronic traffic law enforcement (ETLE).

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang, Danang Kurniawan menjelaskan, pemberlakukan SSA dimulai dari kantor DPD Golkar Jateng Jalan Kyai Saleh menuju Jalan Veteran. Kemudian dari Jalan Kyai Saleh yang menuju ke Bergota, atau Jalan Pandaranan tetap diberlakukan dua arah.

Baca juga:  Panen 400 Kg Bawang Merah di Semarang, Hevearita: Kota Semarang Bisa Daulat Pangan

Selain itu, Jalan Veteran mulai dari Indomaret berlaku satu arah hingga Jalan Kariadi. Sedangkan, dari Indomaret menuju arah Polda Jateng masih tetap berlaku dua arah.

“Jadi kita coba mengurangi konflik yang ada di disini biasanya di jam seperti ini (jam sibuk, Red.) antreannya panjang,” ungkapnya.

Ia menambahkan, terkait dengan pengawasan lalu lintas, selama satu pekan pihaknya akan menerjunkan beberapa personel untuk ditempatkan di sejumlah titik jalan Veteran yang sudah diberlakukan satu arah. Pihaknya juga akan memberikan sosialisasi pada masyarakat sekaligus melakukan evaluasi.

Baca juga:  Mahasiswa KKN Posko 05 UIN Walisongo Lakukan Kunjungan ke Ketua RW Patemon, Gunungpati Semarang

“Selama seminggu ini akan kita jaga terus mulai pagi dan di jam- jam padat,” tuturnya.

Dalam pengawasan di Jalan Veteran, pihaknya akan membagi menjadi tiga sesi. Yakni jam berangkat kerja, makan siang, dan pulang kerja. Setelah itu, apabila kondisi sudah kondusif maka pihaknya akan melepas pengawasan di wilayah itu.

“Dan kedepannya kita lakukan pengawasan dengan sistem elektronik dan dari kasatlantas sudah memberikan info titik- titik mana yang akan diawasi cctv yang sudah dilengkapi dengan ETLE,” tutupnya. (cr7/mg4)