Belum Pulih Sepenuhnya, Kunjungan Wisata di Bantul Masih Sepi

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul Kwintarto Heru Prabowo
Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul Kwintarto Heru Prabowo.

BANTUL, Joglo Jogja – Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul mengungkap sejauh ini kunjungan wisatawan yang datang ke Bantul belum sepenuhnya pulih. Hal itu dikarenakan, faktor ekonomi yang belum membaik.

Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru Prabowo menilai, tingkat kunjungan yang belum pulih tidak disebabkan oleh pandemi Covid-19 lagi. Akan tetapi, lantaran perekonomian yang belum membaik.

“Selain itu, juga dipicu karena BBM yang mengalami kenaikan. Sehingga menyebabkan harga bahan-bahan pokok naik. Sekaligus, keadaan yang terjadi saat ini mengubah kebiasaan masyarakat,” ungkapnya.

Menurutnya, yang sebelumnya berwisata menjadi hal wajib, saat ini sudah tidak menjadi program piknik bagi masyarakat. Seperti piknik yang sudah terprogram di tahun lalu dan tidak menjadi prioritas lagi.

Baca juga:  Fasilitasi UMKM Kembangkan Usaha Serat Alam

“Kalau dulu berwisata atau piknik sempat menjadi tren, sekarang sebagian besar tidak lagi merencanakannya. Yang penting bisa silaturahmi, piknik tidak menjadi agenda yang diperhitungkan lagi,” ujarnya.

Berdasarkan data yang tercatat, sampai Juli lalu hanya sebanyak satu juta lebih sedikit kunjungan wisata. Sedangkan, biasanya dapat mencapai 2 juta lebih, bahkan idealnya sampai akhir tahun bisa mencapai 3,5 juta.

“Nanti sampai akhir tahun, untuk mencapai di angka 3 juta saja susah. Kalau kita lakukan penilaian atau evaluasi, penyebabnya sudah tidak perlu dikaitkan dengan pandemi, tapi memang ekonomi belum membaik,” pungkasnya.(cr13/sam)