Kudus  

Estafet Tunas Kelapa, Kwarcab Kudus Terima Tongkat dari Kwarcab Jepara

SIMBOLIS: Estafet Tunas Kelapa dari Ketua Kwarcab Jepara, Hesti Nugroho kepada Ketua Kwarcab Kudus, Mawar Anggraeni yang berlangsung di MTS Manbaul Ulum Gebog, Selasa (22/8/2023). (DISKOMINFO KUDUS/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng – Kegiatan Pramuka adalah salah satu kegiatan yang dilaksanakan untuk mengembangkan bakat dan minat anak. Dalam kegiatan pramuka juga terdapat berbagai macam kegiatan yang dapat mengembangkan karakter anak, seperti cinta tanah air, komunikatif atau bersahabat, disiplin, jujur, mandiri, bertanggung jawab, kerja keras, berjiwa sosial dan lain-lain.

Untuk itu, Ketua Kwartir Daerah Jawa Tengah, Siti Atiqoh Supriyanti terus berupaya memaksimalkan pola pembinaan serta mendorong prestasi pramuka di wilayah Jawa Tengah. Salah satunya dengan meyelenggarakan Kegiatan Estafet Tunas Kelapa.

Kegiatan tersebut dimulai dari penyerahan Estafet Tunas Kelapa dari Ketua Kwarcab Jepara, Hesti Nugroho kepada Ketua Kwarcab Kudus, Mawar Anggraeni yang berlangsung di MTS Manbaul Ulum Gebog pada hari Selasa, (22/8).

Baca juga:  Lembaga Jerami Kudus Minta Pelajar Naik Level

Ketua Kwarcab Kudus, Mawar Anggraeni menyampaikan bahwa Tunas Kelapa akan disimpan di Kecamatan Gebog sebagai tanda semangat dan dedikasi dalam gerakan pramuka sebelum keesokan harinya akan kembali diestafetkan menuju daerah lain.

AMANAT: Mawar Anggraeni menyampaikan pesan dari Ketua Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dengan ajakan kepada seluruh anggota Pramuka untuk berupaya menempatkan diri sesuai dengan peran masing-masing melalui Gerakan Pramuka.

“Kami telah terima secara estafet dari Ketua Kwarcab Jepara dan akan disimpan semalam di Kecamatan Gebog sebelum esok hari kembali di estafetkan,” ujarnya.

Dikatakannya, Kegiatan Estafet Tunas Kelapa ini melibatkan perjalanan jalan kaki dengan membawa berbagai atribut seperti bendera Merah Putih, bendera pramuka, dan tunas kelapa. Atribut-atribut tersebut diserahkan secara estafet (beranting) untuk menandakan kesinambungan dan semangat dalam Gerakan Pramuka.

Baca juga:  Perkuat Hubungan, IAIN Kudus Teken MoU dengan Zarqa University Yordania

“Sebagai simbol untuk menandakan kesinambungan dan semangat dalam Gerakan Pramuka,” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Mawar Anggraeni juga menyampaikan pesan penting dari Ketua Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Pesan tersebut ialah ajakan kepada seluruh anggota Pramuka untuk berupaya menempatkan diri sesuai dengan peran masing-masing dalam memberikan pelayanan dan kebahagiaan kepada sesama, masyarakat, bangsa, dan ibu pertiwi melalui Gerakan Pramuka.

“Kepada seluruh anggota Pramuka, tempatkanlah diri sesuai dengan peran masing-masing. Ini pesan dari Ketua Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Jawa Tengah,” pesannya.

Baca juga:  Kunjungi 9 Kecamatan, Pj Bupati Kudus Imbau Tingkatkan Pelayanan
SEMANGAT: anggota Pramuka bersiap mengikuti Estafet Tunas Kelapa, Selasa (22/8/2023).

Dengan tongkat Estafet Tunas Kelapa sebagai simbol, Kwarcab Kudus berkomitmen untuk terus memberikan yang terbaik dalam mendukung misi dan nilai-nilai Gerakan Pramuka.

“Ini adalah momen bersejarah yang menandai semangat gotong royong dan komitmen Kwarcab Kudus dalam Gerakan Pramuka di wilayah Jawa Tengah,” pungkasnya. (hms/fat)