Kuatkan Kompetensi dan Karakter Siswa dengan P5P2RA

BERSAMA: Siswa kelas X MAN 1 Sleman saat berada di Pantai Drini untuk melakukan kegiatan P5P2RA, beberapa waktu lalu. (DOK.SEKOLAH/JOGLO JOGJA)

SEBAGAI madrasah yang telah menerapkan Kurikulum Merdeka, MAN 1 Sleman melaksanakan kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin (P5P2RA). Kegiatan itu diikuti siswa kelas X pada 14-18 Agustus 2023 lalu.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum MAN 1 Sleman Musahir mengatakan, P5P2RA merupakan kegiatan kurikuler berbasis projek. Dirancang untuk menguatkan pencapaian kompetensi dan karakter siswa. Tujuannya agar siswa dapat dapat lebih mudah beradaptasi dengan Kurikulum Merdeka.

“Nantinya pada tahun ajaran ini MAN 1 Sleman merancang kegiatan P5P2RA sebanyak tiga kali dengan sistem blok. Dan saat ini kita laksanakan proyek yang pertama dengan tema Kearifan Lokal,” ungkapnya, Selasa (22/8/23).

Baca juga:  SMA 1 Kudus Ajak Siswa Kunjungi Destinasi Lokal

Lebih lanjut, Musahir menjelaskan, kegiatan itu terdiri dari empat tahapan. Yaitu Temukan, Bayangkan, Lakukan, dan Bagikan. Dalam tahap Temukan dan Bayangkan, proyek dilakukan selama dua hari di sekolah dengan menggali pemasalahan kearifan lokal yang ada di sekitar.

“Sedangkan tahap ‘lakukan’ di adakan (kunjungan ke, Red.) Museum Karst Indonesia Wonogiri dan Pantai Drini Gunungkidul. Dan diakhiri dengan tahap ‘bagikan’ di mana siswa membagikan pengetahuannya kepada warga madrasah dan masyarakat umum berupa laporan, poster maupun video yang diunggah di media sosial mereka,” jelasnya.

Baca juga:  Masa Tenang Pemilu, 30 Ribu APK Dicopot

Sementara itu, Kepala MAN 1 Sleman Anis Syafa’at berharap, dengan dilakukanya kegiatan P5P2RA ini pihaknya dapat menanamkan karakter yang positif terhadap siswa. Salah satunya melalui kegiatan berkelompok untuk mengeksplore fenomena yang terjadi di lingkungan sekitar.

“Dengan demikian, diharapkan tumbuh sikap gotong royong, bernalar kritis, dan kreatif sesuai amanat kurikulum,” tuturnya.

Di sisi lain, salah satu siswa kelas X Ega Adwa Zain mengungkapkan kesenangannya mengikuti P5P2RA. Dengan kegiatan itu dirinya dapat menambah wawasan serta belajar arti kerja sama.

“Dengan kegiatan ini saya memperoleh pengalaman dan wawasan yang lebih luas. Selain itu kami senang diberi kesempatan untuk membuat proyek sesuai dengan kreativitas kami. Serta bekerja bersama dan saling membantu untuk mengerjakan proyek ini,” kata dia. (riz/mg4)