Jepara  

Lepas Estafet Tunas Kelapa Jateng, Gus Haiz Ungkap Bekal Pramuka Generasi Millenial

SIAP: Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Jepara, Haizul Maarif saat melepas Kwartir Ranting (Kwarran) Tahunan dalam Estafet Tunas Kelapa se-Jawa Tengah, Selasa (22/8) siang. (ISTIMEWA/JOGLO JATENG)

JEPARA, Joglo Jateng – Proses dalam berpramuka di era generasi millenial, dinilai terdapat dinamika tersendiri. Sehingga, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Jepara, Haizul Maarif mengingatkan, untuk mengasah skill supaya inovasi dan kreatifitas terus berkembang.

Hal tersebut disampaikan Gus Haiz, sapaan akrabnya, sewaktu melepas Kwartir Ranting (Kwarran) Tahunan. Mereka melaksanakan Estafet Tunas Kelapa se-Jawa Tengah (Jateng) dengan titik start di Desa Krapyak, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara, Selasa (22/8) siang.

“Tantangan zaman akan selalu berkembang semakin kompleks. Maka dari itu, momen Estafet Tunas Kelapa dijadikan titik di mana Pramuka mesti berdaya saing. Langkahnya dengan mengasah skill atau potensi agar dapat mengaplikasikannya kepada masyarakat umum,” papar Gus Haiz dengan seragam Pramuka lengkap beserta hasduk merah putihnya.

Baca juga:  Mantan Bupati, Marzuqi Restui Anaknya Maju Pilkada

Adapun, skill dan potensi diri yang telah digali, kata dia, mesti dihiasi dengan pengamalan dasa darma. Sebab, sepuluh nilai yang termaktub dalam dasa darma, mencerminkan karakter mulia seorang Pramuka dalam berkehidupan, bersosial, maupun bernegara.

“Konflik suku, agama, ras dan antar golongan (SARA) adalah tantangan besar yang sedang dihadapi sebagian besar anggota Pramuka saat ini. Bahkan tidak menutup kemungkinan kemungkinan masalah terorisme, narkoba, dan korupsi pun juga dapat menjadi sebuah tantangan serius. Inilah pentingnya skill dan karakter bagi generasi millenial,” ujar dia.

Baca juga:  Gus Haiz Harap Kader GPK Warnai Pilkada 2024

Sementara itu, di Tahunan, Gus Haiz turut melepas sejumlah anggota Pramuka Kwarran Tahunan. Jepara sendiri, menjadi salah satu Kabupaten atau Kota di Jateng sebagai titik start Estafet Tunas Kelapa. Selepas itu, anggota Pramuka akan diberangkatkan menuju Kabupaten Pemalang selaku tuan rumah Hari Pramuka (30/8/23).

Pelaksanaan Estafet Tunas Kelapa berlangsung dua hari di Jepara dan akan melewati 15 Kwarran se-Kabupaten Jepara, Karimunjawa dikecualikan dengan alasan tertentu, seperti medan dan sejenisnya.

Sebelumnya, pada Senin, 21 Agustus 2023 akan melalui 9 Kwartir Ranting, meliputi Kwartir Ranting Donorojo, Keling, Kembang, Bangsri, Mlonggo, Pakis aji, Batealit, Kota Jepara, Tahunan, dan selanjutnya dilakukan persemayaman.

Baca juga:  Museum Kartini Jepara akan Tambah Koleksi Peninggalan Ratu Kalinyamat

Sedangkan pada Selasa, 22 Agustus 2023 akan melalui 6 Kwartir Ranting, meliputi Kwartir Ranting Tahunan, Kedung, Pecangaan, Kalinyamatan, Welahan, Mayong, Nalumsari dan selanjutnya akan serah terimakan dengan Kwartir Cabang Kudus. (cr2/gih)