Paripurna Pandangan Umum Fraksi atas Raperda Digelar

SUASANA: Sekretaris Fraksi Golkar DPRD Pemalang Rismanto saat membacakan pandangan umum fraksinya di Rapat Paripurna, Selasa (22/8/23). (UFAN FAUDHIL/JOGLO JATENG)

PEMALANG, Joglo Jateng – Dengan kehadiran para anggota DPRD Kabupaten Pemalang yang memenuhi kuorum, agenda Rapat Paripurna DPRD Pemalang tentang Pandangan Umum Fraksi atas Raperda 2023 dilaksanakan dengan lancar. Ada beberapa poin yang diberikan oleh para Fraksi, dengan tujuan sebagai bahan pertimbangan penyusunan lima Raperda yang diajukan di Tahun Anggaran (TA) 2023.

Ketua DPRD Pemalang Tatang Kirana yang membuka pelaksanaan rapat tersebut mengatakan, seluruh fraksi mempunyai hal yang sama untuk mengeluarkan pandangan umum mereka. Di mana pandangan umum tersebut merupakan hasil dari aspirasi atau laporan masyarakat.

Baca juga:  BPKAD Pemalang Masuk 5 Besar Pelaporan PPH Terbaik se-Jateng

“Semua pandangan umum yang diberikan nantinya akan menjadi syarat, pedoman, dan bahan pertimbangan pembentukan Raperda di TA 2023 ini. Selanjutnya hal ini akan diproses oleh eksekutif untuk kemudian dijawab oleh mereka,” ucapnya.

Salah satu poin yang diungkapkan oleh Fraksi PKS yang dibacakan oleh Irma Suryani Wakil Ketua FPKS yakni, mendorong seluruh pemangku kepentingan di Kabupaten Pemalang agar bersama-sama bersinergi. Hal itu dilakukan demi mewujudkan kesejahteraan dan kebahagiaan masyarakat Pemalang.

Lebih lanjut, ia mengatakan dalam peningkatan optimalisasi pajak dan retribusi pada Raperda yang akan dibentuk, Pemkab tentunya akan melaksanakan pemetaan dan basis data tersebut. Dari itu, pihaknya mempertanyakan berapa target dari peningkatan pendapatan pajak dan retribusi daerah tersebut.

Baca juga:  Lestarikan Lingkungan dengan Tanam 750 Pohon

“Pemetaan dan basis data pendapatan terutama pada pajak juga retribusi yang akan kita buat Raperda pasti akan dilakukan. Jadi kami pertanyakan berapa jumlah target yang ditetapkan serta penggunaannya bagaimana agar lebih optimal,” tuturnya. (fan/abd)