UIN Walisongo Wisuda 1.807 Mahasiswa

SEMARANG, Joglo Jateng – Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo mengadakan prosesi wisuda pada Agustus 2023. Wisuda ini merupakan wisuda Doktor (S3) ke-32, Magister (S2) ke-56, Sarjana (S1) ke-89, dan Diploma (D3) ke-34 dengan total jumlah wisudawan sejumlah 1.807 orang. Wisudawan terdiri dari 20 orang Doktor, 58 orang Magister, 1.717 orang Sarjana, dan 2 orang Ahli Madya. Wisuda yang terbagi menjadi 2 sesi ini dilaksanakan di Gedung Tgk. Ismail Yaqub, Rabu (23/8).

“Saya berharap wisudawan tetap belajar, seperti cerita dari Imam Syafi’i yang mengisahkan tentang sang pembelajar. Sang Pembelajar ibarat air, mengalir dari tinggi ke rendah. Di mana pun tempat rendahnya air, dia akan mengikuti dan meresap. Sesungguhnya melihat diamnya air menjadi musibah, rusak tempatnya. Tetapi kalau mengalir, airnya menjadi kebersihan bagi lingkungannya,” ujar Rektor UIN Walisongo Imam Taufiq.

Baca juga:  Banjir di Grobogan Rendam 2.662 Rumah dan 56 Hektare Sawah

Prof Imam juga mengapresiasi atas usaha para wisudawan yang sudah berhasil lulus tepat waktu. Dari 1.807 wisudawan, yang lulus tepat waktu sebanyak 64 persen. Fakultas Psikologi dan Kesehatan mencatat sejumlah 96% wisudawan lulus tepat waktu. Tertinggi dibandingkan Fakultas lainnya.

Sementara itu, Ketua Kalam UIN Walisongo Lukman Hakim menyampaikan, saat ini alumni UIN Walisongo sudah tersebar di berbagai bidang.

“UIN Walisongo berkembang luar biasa dan kampus hijau yang diminati oleh banyak kalangan. Rencana adanya Fakultas Kedokteran tentu menjadikan UIN Walisongo semakin maju,” tuturnya.

Baca juga:  Bapenda Jateng Fokus Tingkatkan Kepatuhan Bayar Pajak

Dirinya pun mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan. Alumni UIN Walisongo saat ini ada di semua lini dan dinilai telah membanggakan.

“Ketika menjadi alumni, kita harus tetap menjaga identitas dengan baik. Salah satunya melalui sosial media. Sosial media mempengaruhi akhlak anak bangsa, maka alumni diharapkan menggunakan media sosial untuk syiar Islam dan kebaikan bangsa,” ungkapnya. (hms/abd)